Wabup Minta PBS Pegang Komitmen Bangun Jalan

faktakalimantan.co.id - KASONGAN - Wakil Bupati (Wabup) Sunardi N.T Litang meminta pihak perusahaan besar swasta (PBS) di Kabupaten Katingan memeg

Bupati Beserta Forkopimda Gelar Rapat Membahas Muatan Sumbu Terberat Ruas Katingan
Apresiasi Eksistensi Karang Taruna Semarakan HUT RI
25 Anggota Dewan Diimbau Jaga Kebersamaan

TINJAU LOKASI : Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang didampingi Asisten II, Ir Akhmad Rubama saat melihat langsung ke lokasi rencana pembangunan badan jalan oleh PT. AUS.

faktakalimantan.co.id – KASONGANWakil Bupati (Wabup) Sunardi N.T Litang meminta pihak perusahaan besar swasta (PBS) di Kabupaten Katingan memegang komitmen membangun jalan menuju wilayah hulu maupun hilir.

“Ada dua PBS yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit yang akan membangun badan jalan. Kita berharap, PBS ini memegang komitrmennya,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Sunardi , dua perusahaan itu adalah PT. Arjuna Utama Sawit (AUS) dan PT. Persada Era Agro Kencana (PEAK). Sebelumnya, perwakilan dua perusahaan telah melakukan penandatangan MoU terkait komitmen membangun badan jalan menuju wilayah hilir menggunakan dana CSR masing-masing.

“Sebagai perjanjian dengan Pemerintah Kabupaten Katingan, kedua perusahaan tersebut membangun badan jalan yang masuk wilayah hak guna usaha (HGU) mereka masing-masing. Untuk PT AUS rencana badan jalan yang dikerjakan sepanjang sekitar 30 kilometer, mulai dari titik nol di Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang hingga mendekati batas HGU wilayah PT. AUS,” jelas Wabup.

Selanjutnya dari PT. PEAK, bakal menyambung pembangunan badan jalan hingga ke wilayah Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai dengan panjang sekitar 30 kilometer.

“Baru-baru ini, saya ada meninjau lokasi titik nol di Kereng Pakahi. Sekaligus juga, melakukan rapat dengan PT AUS, Camat Kamipang, dan kepala desa serta tokoh masyarakat di sana terkait pembangunan jalan itu,’ terang Sunardi.

Menurutnya, Pemkab Katingan dalam hal ini hanya sebatas mendorong perusahaan itu dalam penyelesaian komitmen. Badan jalan yang nantinya dikerjakan PBS, bakal ditindaklanjuti oleh Pemkab termasuk dilakukan peningkatan.

“Sehingga kedepan diharapkan dengan adanya jalan darat ini, dua wilayah kecamatan di bagian hilir yakni Mendawai dan Katingan Kuala tidak lagi terisolasi. Pasalnya, sudah ada jalan darat yang tembus menuju Kasongan dan daerah lainnya,” tambahnya. (tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!