Kurangi Beban Lalu Lintas Jalan Palangka Raya – Gunung Mas

Faktakalimantan. co. Id - Palangka Raya - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy menyebut ruas jalan Palangka Raya - Gu

Melalui Gemarikan, Anak Perlu Protein Tinggi
Pemprov Kalteng Salurkan Hewan Kurban ke Semua Kabupaten/Kota
Pangdam XII/ Tanjung Pura,Meminta Awak Media Memberikan Informasi Menyejukan

Foto – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy.

Faktakalimantan. co. Id – Palangka Raya – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy menyebut ruas jalan Palangka Raya – Gunung Mas, merupakan salah satu akses penting bagi transportasi di Kalimantan Tengah.

“Maka itu saya sampaikan kepada Dinas PU Provinsi Kalteng tentang perlunya penanganan segera terkait angkutan yang melintas. Termasuk persyaratan izin yang seharusnya dimiliki angkutan untuk melintasi ruas Jalan Palangka Raya – Gunung Mas,” ungkap Yulindra, Minggu (7/4/2024) di Palangka Raya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum memiliki tanggung jawab atas pemeliharaan dan pembangunan jalan di tingkat provinsi. Termasuk memiliki kewenangan dalam melakukan perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan jalan nasional di seluruh wilayah.

Terlepas dari itu ungkap Yulindra, pihaknya telah mengingatkan dan menegur perusahaan-perusahaan yang menggunakan ruas jalan umum untuk angkutan hasil produksi. Bahkan pihaknya sudah berkirim surat kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meminta perhatian terhadap masalah ini.

“Pemerintah Provinsi Kalteng sendiri telah menyusun lokasi alternatif untuk mengantisipasi masalah penggunaan jalan umum oleh perusahaan-perusahaan,” tukasnya.

Sementara itu imbuh Yulindra, terkait jalan khusus yang ditetapkan oleh Gubernur sejauh ini adalah merupakan solusi yang baik untuk mengalihkan lalu lintas angkutan hasil produksi perusahaan, ke jalur yang lebih sesuai dan aman.

“Artinya, pemerintah tetap mendorong perusahaan-perusahaan untuk membangun jalan khusus bagi angkutan hasil produksinya. Langkah ini penting untuk mengurangi beban lalu lintas di jalan umum,” tegasnya. (Red/Ngel)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!