Pencak Silat SDN 1 Baamang Hulu Pukau Rombongan Kementerian

SAMPIT – Penampilan pencak silat dari peserta didik SDN 1 Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat menyambut rombo

Hari Ini 40 Anggota Dewan Resmi Dilantik
Halikinnor : Pelaku Pungli di Sekolah Bakal Disanksi Tegas
Capaian PIS-PK di Kotim Masih Rendah

SAMPIT – Penampilan pencak silat dari peserta didik SDN 1 Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat menyambut rombongan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berhasil menarik perhatian.

Bahkan Dinas Pendidikan (Disdik) setempat memuji penampilan dari anak-anak tersebut, terutama karena penampilan ini di bawakan oleh sejumlah siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Dalam penampilan ini terlihat antusias anak-anak dan mereka merasa senang saat tampil. Ini sangat bagus dikembangkan, apalagi ada pendidikan karakter dalam pencak silat ini serta menanamkan jati diri bagi mereka terutama di usia muda,” kata Kasi Kurikulum dan Pembinaan SD Disdim Kotim, Akbar, Kamis, 19 Oktober 2023.

Lanjutnya, Disdik Kotim sendiri selalu mendukung kegiatan-kegiatan terutama ekstrakurikuler yang bersifat positif di setiap satuan pendidikan khususnya di Kotim.

“Karena melalui kegiatan inilah dapat mewadahi minat dan bakat anak-anak kita. Seperti yang ditampilkan oleh peserta didik SDN 1 Baamang Hulu ini. Mereka sangat mahir melakukan atraksi padahal masih muda,”ujarnya.

Menurut Akbar, ini merupakan salah satu penjaringan bibit-bibit unggul dan bisa menjadi agen pelestarian budaya. Terutamanya Kotim sendiri memiliki kebudayaan dari pencak silat, yakni lawang sakepeng.

“Anak-anak ini bisa nanti di ajarkan berbagai macam kebudayaan kita dan bisa ditampilkan setiap ada acara atau penyambutan tamu. Sehingga bisa mempromosikan dan sebagai upaya pewarisan budaya kepada generasi muda,” pungkasnya. (ag)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!