Masih Ada Perda yang Belum Dijalankan

BUNTOK - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto menyayangkan masih banyak Peraturan Dae

Tanggulangi Dampak COVID-19 Pemkab Barsel Anggarkan Rp.10 Miliar
Bagikan 100 Ton Beras untuk Warga Terdampak Banjir
Seleksi Pejabat Pemerintahan Barsel Secara Jurdil

Foto : Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto.

BUNTOK – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto menyayangkan masih banyak Peraturan Daerah (Perda) yang tak dijalankan oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkup Pemkab.

“Sampai saat ini masih ada Perda yang kurang maksimal dijalankan dan bahkan belum dilaksanakan sama sekali, seperti Perda Gedung Sarang Burung Walet, Perda Pencegahan Rabies dan banyak lagi lainnya,” tandas Raden, Jumat (11/11/2022).

Misalnya, lanjut pria yang akrab disapa Haji Alex ini, ada warga yang sudah panen sarang burung walet, tidak terlalu keberatan bila mereka diminta membuat IMB-nya dan bagi pemerintah daerah Perda harus dilaksanakan.

Selaku perpanjangan tangan dari masyarakat, pihaknya ingin Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa digali sebaik dan sebanyak mungkin.

Ke depan, sambungnya, jangan bergantung pada sektor galian C saja. Anggap saja itu rezeki dari sumber daya alam yang ada.

“Bangkitlah untuk mengelola potensi yang ada. Perda walet juga sudah ada, kenapa tidak jalan, padahal walet banyak,” paparnya.

Perda disahkan tak lain agar bisa digunakan dan ditegakkan oleh seluruh komponen masyarakat, terutama Pemkab melalui semua SOPD-nya. (dn/m4r/bud)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!