Anggota Satpol PP Gumas Diberikan Sosialisasi Pembinaan dan Etika Penerapan Tugas

  faktakalimantan.co.id - Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas me

Polisi Salurkan Sembako Kepada Warga yang Belum Tersentuh Bantuan Pemerintah
Triwulan II, Realisasi Anggaran Pemkab Gumas Urutan 8 se Kalteng
Pelaku UKM di minta perhatikan potensi lokal

FOTO : Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Etika Penerapan Tugas-Tugas di Lapangan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

 

faktakalimantan.co.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Etika Penerapan Tugas-Tugas di Lapangan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dalam sambutan tertulisnya dalam hal ini diwakili Asisten III Setda Gumas Yulius Agau menyampaikan, kegiatan semacam ini mempunyai makna sangat penting, mengingat di samping sebagai Forum Silaturahmi juga merupakan momentum yang sangat tepat, guna lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Anggota Satpol PP dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja.

Dia mengatakan, dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa Satpol PP dibentuk untuk melaksanakan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar yaitu Membantu Kepala daerah dalam rangka menegakkan Peraturan daerah dan Peraturan Kepala Daerah, Menyelenggarakan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat.

“Maka dengan demikian Satpol PP sebagai Perangkat daerah mempunyai peran yang sangat strategis dalam memperkuat otonomi daerah dan pelayanan publik di daerah,” ujarnya.

Dia menuturkan, sudah kita ketahui bersama bahwa kiprah Satpol PP dengan Motto “Praja Wibawa” ini di Indonesia didirikan pada tanggal 3 Maret 1950 (70 Tahun yang lalu) dan di Kabupaten Gunung Mas dibentuk seiring dengan terbentuknya Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai ini.

“Untuk itu, harus kita akui masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan yang terjadi, misalnya melaksanakan tugas-tugas pengamanan dan pengawalan di rumah jabatan, Penegakan Peraturan Daerah, Menjadi ketertiban dan ketentraman masyarakat serta Perlindungan masyarakat,” tuturnya.

Perlu disadari lanjut dia, bahwa kegiatan sosialisasi ini juga sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam rangka mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional secara bertahap untuk mewujudkan SMART SDM sebagaimana Visi Misi Bupati Gunung Mas Masa bakti 2019-2024.

“Saya berharap kegiatan ini memberikan manfaat dan dampak yang positif terhadap pengelolaan, pengembangan SDM pada Satpol PP khususnya, dan Aparatur Sipil Negara Kabupaten Gunung Mas,” katanya.

Kepada peserta Sosialisasi ini saya berpesan agar mengikuti dengan serius, sehingga saudara-saudara mendapat ilmu pengetahuan yang memadai tentang bagaimana melaksanakan tugas pokok dan fungsi lebih maksimal dalam penerapannya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Salampak Haris menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan pemahaman anggota Satuan Polisi Pamong Praja tentang bagaimana etika dan penerapannya, baik saat berada di lingkungan kantor ataupun saat bertugas di lapangan bertemu dengan masyarakat.

“Di samping itu, juga mengimplementasikan dan meningkatkan wawasan serta peran dan fungsi satuan Polisi Pamong Praja dan satuan Perlindungan Masyarakat makanya diperlukan kegiatan sosialisasi seperti saat ini,” ujarnya.

“Sedangkan narasumber berasal dari satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Kabid Yanmes Satpol PP Lugi Kaeter,” tukasnya. (agg/hms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: