Panitia Pilkades Dituntut Jaga Netralitas

  Faktakalimantan.co.id - KUALA KURUN – Saat ini di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak

PBS Diminta Perhatikan Kesejahteraan Warga Sekitar Usaha
Wakil Rakyat Ini Setuju Evaluasi Kinerja Pegawai Honorer
Ini Tanggapan Legislator Gumas Tentang Penyerahan Pasar Rakyat

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Pebrianto (kanan) bersama rekannya Carles, dan Espriadi.

 

Faktakalimantan.co.id – KUALA KURUN – Saat ini di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang III pada 17 November 2021. Ada 14 desa yang melaksanakan pilkades, yakni Bereng Malaka, Bereng Baru, Luwuk, Tumbang Baringei, Tumbang Bunut, Tumbang Malahoi, Tumbang Bahanei, Tumbang Langgah, Hantapang, Jangkit, Sangal, Tumbang Mujai, Batu Nyiwuh dan Teluk Kanduri.

“Kami ingatkan sekali lagi, kepada siapa pun yang sudah terpilih menjadi panitia pemilihan kepala desa atau Pilkades, agar harus tetap menjaga sikap netralitas. Khususnya saat pelaksanaan pilkades di 14 desa tersebut,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Pebrianto, Selasa (12/10/2021).

Ia mengatakan, panitia pemilihan desa harus dapat menjaga netralitas selama pelaksanaan pilkades. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman. Selain itu, akan lebih baik apabila panitia pemilihan desa, telah memiliki pengalaman dalam melaksanakan suatu pemilihan.

“Kalau panitia pemilihan desa sudah terbentuk, instansi terkait harus melakukan pelatihan terkait pelaksanaan pilkades pada tahun 2021, sehingga diharapkan pelaksanaannya nanti akan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ujarnya.

Menurut legislator dari daerah pemilihan (Dapil) II mencakup lima kecamatan tersebut, berpesan kepada seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menggelar pilkades, agar benar-benar memperhatikan nama yang dipilih untuk masuk ke dalam kepanitiaan. “Yang dipilih itu adalah harus orang netral dan memiliki pengalaman menjadi panitia pemilihan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius, melalui Kabid Pemerintahan Desa Hendra Surya mengakui, sekarang ini pilkades serentak sudah memasuki beberapa tahapan  mulai dari klarifikasi berkas bakal calon kades.

“Klarifikasi berkas sudah dilaksanakan dan pencabutan nomor perserta juga telah dilakukan oleh panitia pemilihan desa. Tentu kami ingin panitia itu bersikap netral. Juga jangan memihak pada salah satu bakal calon kades,” pungkasnya. (gatang/hms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: