Camat Dusun Timur Ini Mengajak Setop Karhutla

faktakalimantan.co.id - Tamiang Layang - Musim kemarau telah tiba, pemerintah Kecamatan Dusun Timur mengajak masyarakat di 16 desa dan satu kelura

Badan Pertanahan Nasional Menyerahkan 50 Bidang Sertifikat Secara Simbolis
Jelang Idul Adha, Ajak Warganya Beli Sapi Lokal
Segera Evaluasi Perizinan Perkebunan

FOTO : Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomono.

faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Musim kemarau telah tiba, pemerintah Kecamatan Dusun Timur mengajak masyarakat di 16 desa dan satu kelurahan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomono mengharap, agar kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak terjadi di wilayah Kecamatan Dusun Timur.

“Dari pihak kecamatan meminta di 16 desa 1 kelurahan. Jangan ada pembakaran hutan dan lahan di saat musim kemarau ini,” ucap Ristanto, Senin (24/8/2020).

Dijelaskannya, bilamana itu terjadi pada saat membakar hutan dan lahan dan didapati oleh aparat berwajib akan diproses, ujarnya.

Ristanto mengatakan, tentang upaya kita untuk menjecah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, kita sudah sering melakukan koordinasi antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka harus siap siaga di 16 desa satu kelurahan.

“Babinsa dan Bhabinkamtibmas sering-sering melakukan patroli rutin untuk memantau di desa. Takutnya ada masyarakat yang membakar sembarangan di musim kemarau panjang ini,” kata Ristanto.

Ristanto menambahkan, semua desa harus memiliki alat pemadam kebakaran, karena itu program Bupati pada tahun 2017. Lanjut Ristanto, kita sudah melakukan pengecekan peralatan pemadam yang dimiliki desa, ujarnya.

“Tolong peralatan pemadam agar dirawat sebaik mungkin, apabila terjadi kebakaran bisa digunakan,” katanya.

Lebih lanjut Ristanto, masih banyak peralatan yang kurang dirawat, sebab peralatan itu sudah lama tidak dipakai. Akan tetapi sebagian desa memang sudah siap dan standby untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kita berharap kita dapat terbebas dari masalah Karhutlah. Dan saya meminta semua pihak tetap selalu waspada, lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pungkasnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: