Tindak Tegas PBS Perusak Lingkungan

faktakalimantan.co.id - TAMIANG LAYANG - Kalangan anggota DPRD Bartim meminta kepada teknis Dinas Lingkungan Hidup menundak tegas bagi perusahaan

Masuk Kantor Bupati Bartim Kini Wajib Disterilisasi
Anak Muda Harus Jadi Pelopor Penerapan Prokes
Dorong Peningkatan Pelayanan Kesehatan

FOTO : Sejumlah anggota DPRD Bartim saat mengikuti rapat paripurna digedung DPRD Bartim, Selasa (25/6/2019).

faktakalimantan.co.id – TAMIANG LAYANG – Kalangan anggota DPRD Bartim meminta kepada teknis Dinas Lingkungan Hidup menundak tegas bagi perusahaan besar swasta perusal lingkungan. Pasalnya hal itu berdampak buruk bagi kepentingan lingkungan dan masyarakat disekitarnya.

Anggota DPRD Bartim Depe, SE mengatakan akan menelusuri adanya laporan warga masyarakat atas aktvitas land clearing perkebunan besar swasta (PBS) Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Graha Manunggal (SGM) yang menutupi sungai Bumut diwilayah Desa Saing dan Rodok, Kecamatan Dusun Tengah.

DPRD Bartim  sebutnya akan memanggil pihak manajemen perusahaan dan juga pihak masyarakat selaku pihak pelapor.

“Kita akan menelusuri perusahaan  dimaksud, apakah benar telah melakukan kegiatan land clearing dengan merusak lingkungan, dengan menutup badan sungai,” katanya, Selasa (25/6/2019).

Dijelaskannya DPRD sudah menerima pengaduan dari masyarakat dan masalah ini akan kami bahas diinternal ,baru setelah itu kami akan turun lapangan. Pengaduan masyarakat tersebut ungkapnya dari orang  yang terjun langsung ke lokasi dimana perusahaan itu melakukan aktivitasnya.

“Kalau itu terjadi, berarti pihak manajemen PT SGM melanggar aturan sehingga menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan,” timpalnya.

Polituus asal partai Demokrat itu menegaskan, bila faktanya dilapangan terbukti aktifitas perusahaan merusak lingkungan, maka akan konsekuensi hukumnya yang harus diterima sesuai peraturan yang berlaku.

”Bila terbukti ada aktifitas perusahaan melanggar hukum,, DPRD secara kelembagaan bisa saja mendorong aparat hukum untuk bertindak,” tegasnya.

Sementara itu Plt kepala dinas lingkungan hidup Bartim Lurikto menanggapi Persoalan tersebut mengatakan  pihaknya akan segera turun kelokasi dalam waktu dekat.

“Apapun hasilnya nanti kami akan sampaikan kepimpinan yakni Bupati Bartim,” tukasnya. (dw)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!