Kalteng Raih Juara Umum Festival Pesona Borneo II

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,PALANGKA RAYA- Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menoreh pretasi dibidang seni budaya dan kepariwisataan. Prestasi it

Mahkamah Agung Putuskan Bebas Dua Wartawan dari Jeratan UU ITE
Rektor UPR Sampaikan 10 Hal Penting Tentang New Normal
Peduli Kemanusiaan, Siswa SMAN-2 Katingan Hilir Galang Dana

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,PALANGKA RAYA- Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menoreh pretasi dibidang seni budaya dan kepariwisataan. Prestasi itu adalah, Kalteng berhasil meraih gelar juaran umum pada Festival Pesona Borneo II yang digelar di Banjarmasin- Kalimantan Selatan, yang dihelat sejak 11-14 Agsutus 2018 yang lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, kegiatan Festival Pesona Borneo II , digelar khusus bagi perwakilan seni dan budaya dari Dewan Adat Dayak (DAD) provinsi se Kalimantan itu, seperti perwakilan DAD dari Kaltim, Kaltara, Kalbar dan perwakilan DAD Kalteng serta DAD Kalsel sebagai tuan rumah.

Dalam kegiatan tersebut, digelar sejumlah mata lomba yang dipertandingkan, seperti olahraga tradisional, seni -budaya, kearifan lokal, dan karnaval budaya

Ya, perwakilan dari DAD Kalteng, mampu meraih juara umum dengan menyapu bersih kemenangan pada lomba-lomba yang digelar. Ketua DAD Kalteng, H. Agustiar Sabran menerima langsung piala juara umum, saat acara penutupan,” ungkap Guntur, Kamis (16/8/2018).

Sebut Guntur, dalam Festival Pesona Borneo II tersebut, setidaknya Kalteng meraih 15 piala juara, bahkan lomba yang paling bergengsi yakni karnaval, maka Kalteng menjadi yang terbaik. Dimana Kalteng yang diwakili peserta karnaval dari Kota Palangka Raya dengan peserta sebanyak 150 orang, menampilkan mobil hias Naga Hai Galang Petak.

“Peserta karnaval asal Palangka Raya ini sebelumnya adalah juara pertama pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalteng. Dan pada Festival Pesona Borneo II, mereka inilah yang mewakili Kalteng,”tuturnya.

Tambah Guntur, Disbudpar Kalteng selaku sekretaris tim mengucapkan terimakasiih atas kerjasama yang baik dengan DAD Kalteng yang harmonis berpegang pada falsapah Huma Betang.

“Terimakasih juga kepada para pelaku seni-budya, pengusaha wisata dan pihak lainnya, apa yang kita toreh, mampu dijadikan sebagai potensi pengembangan pariwisata di Kalteng,”tutupnya.VD

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!