Bimtek PPID Bantu Pemkab Gumas Saring Informasi Publik

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN - Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola lnformasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan pada ta

Sambangi Masyarakat, Bripka Purwanto Berikan Himbauan Protokol Kesehatan
Pelipatan Kertas Surat Suara Dilakoni Dini Hari
Cegah Aliran ‘Sesat’, Tim PAKEM Gelar Rapat Koordinasi

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola lnformasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 2 Maret lalu oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo-SP) provinsi Kalteng pada 1-2 Maret di aula Diskominfo-SP, dinilai sangat membantu pemerintah kabupaten khususnya Gunung Mas.

Ketua PPID Kabuapaten Gunung Mas, Galis kepada wartawan Gerak Kalteng, Jumat (2/3/2018) mengatakan bahwa kegiatan PPID tersebut sangat membantu pemerintah daerah Kabupaten Gumas dalam menyajikan informasi publik.

Pihaknya mendapat wawasan dan membuat filter informasi mana yang layak dipublikasikan dan mana yang tidak layak serta mana yang dikecualikan.

“Karena selama ini, pemerintah daerah sebagian besar belum memahami mengenai informasi publik, mengingat hal seperti ini masih merupakan hal yang baru bagi kabupaten/kota,” terangnyan.

Menurutnya, Bimtek PPID bermanfaat bagi pihaknya untuk menempuh jalur hukum apabila ada persoalan-persoalan gugatan mengenai informasi publik, sehingga sedikit banyak aparatur pemerintah mengetahui apa yang boleh dipublikasikan dan atau yang dikecualikan.

Pihaknya berharap dengan telah diadakannya Bimtek PPID ini dan terealisasinya anggaran, maka pihaknya siap memberikan informasi publik kepada masyarakat termasuk media masa baik cetak maupun elektronik.

Tujuan kegiatan Bimtek ini agar terlaksananya keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada lembaga dan publik.

Dalam UU ini juga mengamanatkan peraturan pemerintah untuk mengatur lebih lanjut jangka waktu pengecualian terhadap informasi-informasi dikecualikan dan tata cara pembayaran ganti rugi Badan Publik. (wan)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!