Sambut Pergantian Tahun dengan Salat Hajat

KASONGAN,GK - Malam pisah sambut tahun 2018 dirayakan semarak oleh ribuan masyarakat Katingan di Stadion Sport Center Kasongan. Diwaktu bersamaan, par

Warga Jenamas Usulkan Pembukaan Akses Jalan Tembus Keluar Kecamatan
Berharap Warga Timpah Terapkan Pola Hidup Sehat
Tujuh Fraksi Setujui 11 Raperda, DPRD Kapuas Bentuk Pansus

KASONGAN,GK – Malam pisah sambut tahun 2018 dirayakan semarak oleh ribuan masyarakat Katingan di Stadion Sport Center Kasongan. Diwaktu bersamaan, para ulama serta umat muslim lainnya memaknai pergantian tahun dengan salat hajat di Masjid Agung Ainul Yaqin Kasongan, Minggu (31/12) lalu.

Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Katingan H Noor Irvansyah menjelaskan, tujuan salat hajat yang dirangkai dengan tauziah dan zikir bersama tersebut untuk meminta ridho Allah SWT agar Kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei itu semakin damai, kondunsif, dan kehidupan antarumat beragama selalu harmonis.

“Salat hajat itu diikuti cukup banyak umat muslim, terutama yang ada di Kasongan. Intinya kita memohon kepada Allah SWT agar seluruh masyarakat di daerah kita ini selalu diberikan kesehatan, keselamatan, dan limpahan rezeki,” ungkapnya, Selasa (2/1).

Menurutnya, ibadah berjamaah tersebut merupakan gagasan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Katingan. Peribadatan itu didahului dengan salat Magrib dan Isya berjamaah. Dilanjutkan salat hajat dan diisi dengan tauziah oleh ustaz Muhammad Arsyad asal Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir dan Habib H Hamka Bin Umar asal Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

“Selepas itu baru dilaksanakan zikir sekaligus renungan hati bersama untuk menyambut tahun baru 2018 yang akan kita jalani bersama,” imbuhnya.

Dalam pidatonya pada acara ramah tamah jelang pergantian tahun di rumah jabatan, Bupati Katingan Sakariyas juga menyampaikan harapan dan keinginan yang sama.

“Semoga saja dimasa-masa yang akan datang, Kabupaten Katingan semakin baik dari berbagai aspek, cita-cita atau keinginan yang kita dambakan selama ini,” katanya.

Kendati demikian, realisasi berbagai keinginan dan harapan itu kembali kepada niatan masing-masing. Artinya, pencapaian harus dibarengi dengan tekad dan semangat juang yang tinggi agar bisa tercapai.

“Yang tak kalah pentingnya, yaitu selalu memanjatkan dan memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga apa yang menjadi harapan dan keinginan akan segera terwujud,” pungkasnya. (BS)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!