Kemudahan Akses Petani Menuju Sentra Pertanian di DAS Barito Perlu Diperhatikan

PALANGKARAYA, FaktaKalimantan.co.id – Kalangan legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah daerah (Pemda) di wilayah p

MTQH ke-31, Razak: Ajang Meningkatkan Kualitas Umat Islam
Manfaatkan ADD untuk Pengembangan SDM Desa
Berharap Isu Resesi Global Tidak Terlalu Mempengaruhi Kondisi Sosek Masyarakat di Kalteng

FOTO: oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalteng asal Dapil Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, H. Purman Jaya.

PALANGKARAYA, FaktaKalimantan.co.id Kalangan legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah daerah (Pemda) di wilayah provinsi, kabupaten maupun kota se-Kalimantan Tengah, supaya dapat terus mendukung pengembangan sektor pertanian, salah satunya melalui cara memberikan kemudahan akses menuju sentra pertanian.

Demikian hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalteng asal Dapil Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya, H. Purman Jaya, Selasa (18/06/2024).

“Kemudahan akses menuju sentra pertanian sangat penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian di daerah. Beberapa daerah di Kalteng, menuju sentra pertanian masih ada ditemukan akses infrastruktur jalan maupun jembatan yang belum memadai,” ungkapnya.

Ia mencontohkan,  seperti di wilayah DAS Barito, masih terdapat banyak sentra pertanian masyarakat yang belum bahkan tidak memiliki akses memadai. Sehingga ini perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Ia pun mengatakan, usulan tersebut kerab disampaikan oleh masyarakat kepada pihaknya pada pelaksanaan reses dan hal itu sering menjadi aspirasi masyarakat di daerah. Menurutnya, hal itu sangat penting guna memperlancar aktivitas masyarakat petani baik menuju sentra pertanian maupun mendistribusikan hasil dari usaha tersebut, sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian.

“Di wilayah DAS Barito tentunya potensi pertanian masyarakat itu cukup menjanjikan, namun dari segi pengembangan belum maksimal karena salah satu penyebabnya yaitu akses yang kurang memadai. Harapan kita tentu ini bisa diperhatikan oleh pemda,” tandasnya. (yd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!