Sekda Bartim Hadiri Safari Nyepi Tahun Baru Caka 1946 1 April 2024

Foto : Sekertaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar beserta jajaran menghadiri kegiatan safari nyepi tahun 2024. Faktakalimantan.co

Wakil Bupati Barito Timur Sebut Peran Pers Penting
Polres Barito Timur Gagalkan Peredaran Narkoba
Wakil Ketua I Sampaikan Ucapan Selamat Kepada Bapak Indra Gunawan Sebagai Pj Bupati Barito Timur

Foto : Sekertaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar beserta jajaran menghadiri kegiatan safari nyepi tahun 2024.

Faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur kembali menggelar Safari Nyepi
Tahun Baru Caka 1946/2024 Masehi bersama dengan Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Timur di Balai Hante
Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, Senin (01/04/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Camat Dusun Timur Nina Marissa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Adapun tema nasional Hari Raya Nyepi Tahun 2024 ini “Sat Cita Ananda untuk Indonesia Jaya” dan Sub tema “Dengan
Hari Raya Nyepi Mari Kita Tingkatkan Persatuan Dalam Sradha dan Bakti, Guna Menuju Masyarakat yang Mandiri Bermartabat dan Sejahtera,”

Sekda menyampaikan, bahwa perayaan safari nyepi tahun baru caka 1946 ini selain sebagai perayaan hari suci, juga merupakan agenda tahunan Pemkab Bartim untuk bersilaturahmi dengan umat hindu.

“Ini sejalan dengan ajaran agama Hindu yaitu, Dharma Santhi yang merupakan rangkaian terakhir dari Hari Raya
Nyepi,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang untuk memantapkan hubungan personal sebagai sesama manusia agar tercipta suatu
keharmonisan bagi semua mahluk. “Selain itu, juga untuk saling memaafkan bila terjadi kesalahan, kekeliruan yang pernah kita lakukan,” tutur jelas Sekda.

Bahwa pemerintah telah berupaya untuk menciptakan situasi yang kondusif dengan melaksanakan berbagai program
srategis pembangunan. Salah satunya adalah terwujudnya penerapan nilai-nilai agama dalam perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara dengan meningkatkan kesadaran umat beragama, dengan kerukunan hidup, solidaritas dan rasa kebersamaan antar umat beragama, meningkatkan peran dan fungsi lembaga keagamaan dalam mengatasi dampak negatif perubahan sosial.

Kata Sekda, bahwa Pemkab Bartim sangat mendukung semua kegiatan keagamaan karena hal ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan persatuan dan kerukunan umat beragama yang meliputi hubungan antar umat beragama, intern umat beragama dan hubungan umat beragama dengan pemerintah.

Kita berharap, safari nyepi ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses, sehingga dapat menjadi motivasi kuat bagi umat
Hindu Kabupaten Barito Timur dalam memantapkan Sradha Bhakti kepada Sang Hyang Widi Wasa.

“Semoga Dharma Santhi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kepentingan umat Hindu dan masyarakat pada umumnya sesuai
harapan kita bersama,” harap Panahan Moetar.

Dirinya selaku Sekertaris Daerah ingin menyampaikan, atas nama Pemkab Bartim mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946.

“Mohon maaf lahir batin, semoga kekuatan datang dari segala penjuru,” tutupnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!