Musrenbang RPJPD Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045 Dimulai

Foto : para tamu undangan yang mengikuti kegiatan rapat. Faktakalimantan.co.id - Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Bad

KPU Barito Timur Sudah Terima Berkas Bacaleg dari Empat Parpol
Hadiri Pisah Sambut Ketua PN Bartim, Ini Ujar Nur Sulistio
Pemkab Barito Timur Tingkatkan Tata Kelola Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa

Foto : para tamu undangan yang mengikuti kegiatan rapat.

Faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapplitbangda) setempat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, di Aula Bapplitbangda, Selasa (02/04/2024).

Acara ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan.Hadir dalam acara tersebut Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se Kabupaten Barito Timur, Tim pendamping RPJPD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perusahaan, pimpinan perbankan, tokoh masyarakat, serta undangan.

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan dalam sambutanya mengatakan penyusunan RPJPD 2025-2045 memiliki urgensi. Urgensi yang dimaksud yaitu sebagai upaya nyata perwujudan pembangunan daerah yang merupakan bagian integral dari perwujudan Indonesia Emas Tahun 2045.

“RPJPD periode 2005-2025 akan segera berakhir bertepatan dengan momen Pilkada Serentak Tahun 2024. Pada Pilkada Serentak Tahun 2024, setiap bakal calon kepala daerah harus menyusun visi dan misi sesuai dengan Rancangan Teknokratik RPJMD yang dalam proses penyusunannya berpedoman pada RPJPD yang baru (periode 2025-2045). Menjaga sinkronisasi kerangka logis rancangan RPJPN 2025-2045 dengan RPJPD,” jelas Pj. Bupati Bartim menyampaikan alasan mengapa RPJPD segera rampung.

Melalui kesempatan itu, Indra Gunawan juga menyampaikan visi pembangunan jangka Panjang Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045.

“Visi pembangunan jangka Panjang Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045 adalah “Barito Timur menuju kabupaten yang bertumbuh, adil, mandiri dan berkelanjutan” atau di singkat “Bartim Beramal,” jelas Pj.Bupati Bartim.

Dalam upaya mencapai visi “Barito Timur Menuju Kabupaten Yang Bertumbuh, Adil, Mandiri dan Berkelanjutan”, ucap Pj.Bupati Bartim, dengan memperhatikan perubahan paradigma pembangunan Nasional, Provinsi dan isu-isu strategis serta kondisi yang akan dihadapi Kabupaten Barito Timur pada masa yang akan datang.

“Maka dirumuskan misi pembangunan Kabupaten Barito Timur, sebagai berikut: Menciptakan Pemerataan Pembangunan dan Berkeadilan, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia ,Mewujudkan Pembangunan yang terbuka, tertib dan humanis, Mewujudkan Perekonomian Masyarakat yang Berdaya Saing, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan adaptif dan Meningkatkan Daya Dukung dan Kualitas Lingkungan,” papar Pj.Bupati Bartim.

Selanjutnya, Pj.Bupati mengungkapkan, dalam Pencapaian visi dan misi pembangunan jangka panjang daerah menjadi dasar bagi perumusan arah kebijakan daerah selama 20 (dua puluh) tahun. Selanjutnya, terang Pj.Bupati Bartim, arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Barito Timur dibagi ke dalam empat periode RPJMD yaitu :

Periode I (2025-2029) diarahkan untuk pembangunan di berbagai bidang yang didukung oleh penyediaan infrastruktur dan suprastruktur;
Periode II (2030- 2034) ditujukan untuk lebih memantapkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan suprastruktur yang terjangkau ;
Periode III (2035-2039) ditujukan untuk lebih memantapkan pada peningkatan kualitas pembangunan yang berwawasan lingkungan dan peningkatan perekonomian daerah yang berdaya saing;
Periode IV (2040-2045) ditekankan pada pemantapan perekonomian yang kokoh, adil, dan berkelanjutan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat dan pemerataan Pembangunan.

“Melalui Rapat Musrenbang RPJPD ini, saya berharap dapat memberikan masukan dan pendapat guna terwujudnya masyarakat Kabupaten Barito Timur Menuju Gumi Jari Janang Kalalawah,” demikian Indra Gunawan.(ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!