Pengelolaan Sektor Pelabuhan di Kalteng Perlu Dioptimalkan

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Muhajirin mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimal

Legislator Kalteng ini Minta Pembangunan di Sektor Pangan Tetap Dilanjutkan
Diharapkan Layanan Posyandu dan Puskesmas Bekerja secara Optimal
Dorong Pemda Tindak Tegas Angkutan ODOL

FOTO: Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Muhajirin

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Muhajirin mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan potensi sektor pelabuhan untuk menunjang berbagai kegiatan perekonomian.

Menurutnya, sektor pelabuhan memiliki potensi besar yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah. Hal ini dikarenakan kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan konsumsi memerlukan dukungan berbagai infrastruktur, termasuk keberadaan pelabuhan.

“Maka dari itu, terutama di daerah setiap pelabuhan yang ada harus dioptimalkan agar dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi Kalteng yang dilihat juga dari sisi pendapatan asli daerah,” ujarnya, Sabtu (30/03/2024)

Fungsi dari pelabuhan ini sendiri tidak hanya dipandang sebagai sarana lalu lintas orang atau penumpang, akan tetapi juga bisa sebagai sarana aktivitas barang dan jasa dalam hal mendukung kegiatan ekspor dan impor komoditas unggulan daerah.

Berkaca dari kebutuhan tersebut, maka untuk meningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung pelabuhan harus diperhatikan sehingga dapat memperlancar berbagai aktivitas, termasuk distribusi barang dan jasa, kegiatan bongkar muat dan pertumbuhan perekonomian secara keseluruhan.

“Perlu menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah serta pihak pengelola pelabuhan. Segera mengambil langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi sektor pelabuhan,” ujar dia lagi.

Legislator Partai Demokrat ini juga menegaskan, ada strategi yang mampu dirumuskan guna mengoptimalkan keberadaan sarana penunjang tersebut karena bagaimanapun juga dampak peningkatan ekonomi yang ada tidak hanya untuk daerah, tapi juga untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dimulai dari segi peningkatan infrastruktur maupun pengembangan aktivitas yang berhubungan dengan sekto lainnya. Agar bersama-sama meningkatkan PAD kita, yang memiliki manfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Maria/yd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!