Maksimalkan Potensi Unggulan Desa

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Hj. Rusita Irm

7 Fraksi DPRD Kalteng Menyetujui Rancangan Perubahan APBD 2023 untuk Dibahas Lebih Lanjut
Truk Sampah Wajib Gunakan Penutup
Dukung Pemda Tindak Tegas Angkutan ODOL

FOTO: Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Hj. Rusita Irma, S.Pi.,

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Hj. Rusita Irma mendorong seluruh desa di Provinsi Kalimantan Tengah ini, supaya dapat mengembangkan dan mengoptimalisasi potensi unggulan berkualitas di wilayahnya masing-masing guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Menurutnya pengembangan potensi unggulan pedesaan dapat menjadi daya dorong dalam indeks pembangunan, mulai dari sektor sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan lain-lain.

“Tentukan desa-desa di Kalteng ini punya keunggulan masing-masing, ada yang pertanian, perikanan, perkebunan, ini bisa dikembangkan untuk menunjang perekonomian,” ujar Irma, Kamis (29/02/2024).

Dengan perhatian pemerintah kabupaten masing-masing dan ditunjang dengan keberadaan Dana Desa, pengembangan potensi itu sangat mungkin dilakukan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pembangunan daerah yang bermuara pada kenaikan status desa.

“Menggali potensi desa itu penting untuk menciptakan kemandirian, apalagi yang bisa menghasilkan guna meningkatkan pendapatan asli desa,” ujar dia lagi.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut pengembangan potensi unggulan pedesaan ini memiliki beragam tujuan tergantung bagaimana konsepnya, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk kebutuhan bertahun-tahun ke depan.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan pemerintah kabupaten dapat memberikan dukungan kepada masing-masing desa di wilayahnya, terutama dari sisi pembinaan pengembangan potensi unggulan desa sehingga menjadi penggerak kemajuan dan kemandirian daerah.

“Saya meyakini setiap desa di Kalteng ini mampu berinovasi menggali setiap potensi yang dimiliki, sehingga sangat diharapkan itu bisa menciptakan kemajuan bagi desa,” pungkasnya. (Mr/YD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!