Aktivitas PT. NRS Mendapat Dukungan Warga Desa Pararapak

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Sejumlah warga Desa Pararapak mendukung keberadaan dan aktivitas PT. Nusantara Raya Solusi (NRS) yang dapat m

DPRD Minta Agar Pemkab Prioritaskan BPJS Bagi Warga Miskin
Polres Barsel Pastikan Pelaksanaan MTQ Kalteng Berjalan Aman
FSK Duslir Bantuan Korban Kebakaran di Lehai

FOTO: Damang Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Ardianson.

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – Sejumlah warga Desa Pararapak mendukung keberadaan dan aktivitas PT. Nusantara Raya Solusi (NRS) yang dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesejahteraan warga setempat.

Disampaikan Damang Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Ardianson bahwa kehadiran PT.NRS hampir sejalan dengan budaya adat dan istiadat, salah satunya memelihara dan menjaga alam.

“Dengan terjaganya kondisi alam, tentunya secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Perusahaan berjalan, masyarakat akan sejahtera,” kata Ardianson ketika diwawancarai, Selasa (20/2/2024) di Palangkaraya.

Koordinator Damang Kabupaten Barito Selatan ini juga menyampaikan bahwa sejauh ini PT.NRS sendiri sudah mengikuti kebiasaan adat dan istiadat warga Desa Pararapak dan sekitarnya.

Bahkan ujar salah satu anggota Forum Daman Kalteng ini menambahkan, sebelum memulai kegiatannya nanti, pihak PT.NRS akan melakukan upacara adat sebagaimana biasanya.

“Jadi saya tidak menemukan kegiatan PT.NRS itu berbenturan dengan adat,” tegasnya menambahkan.

Ketika disinggung perihal informasi adanya penolakan dari sejumlah masyarakat setempat atas kehadiran perusahaan yang bergerak disektor carbon trading ini.

Ardianson tidak menepis informasi tersebut. Menurutnya, adanya penolakan dikarnakan ketidakpahaman sejumlah warga tentang maksud dan tujuan dari PT.NRS itu sendiri.

“awalnya memang ada penolakan. Setelah dilakukan sosialisasi dan pendekatan, masyarakat akhirnya memahami bahwa hadirnya PT.NRS juga secara tidak langsung memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar tanpa merusak ekosistem alam,” bebernya lebih dalam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kelompok tani gambut jaya dan kelompok tani gambut batuah telah melaksanakan musyawarah dan mufakat untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh PT.NRS tampa adanya paksaan dari pihak lain.(a2)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!