Rapat Paripurna ke-7, Jawaban Gubernur atas Pandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD Kalteng terhadap Nota Rancangan APBD 2024

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id - DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan III (Ketiga) Tahun

Kawasan Desa Masuk Hutan Produksi, Sudarsono Sampaikan Aspirasi Warga Desa Derangga Seruyan
Komisi II DPRD Kalteng Minta PBS Akomodir Tenaga Kerja Lokal
Legislator Kalteng ini Dukung Upaya Sekolah Tingkatkan Akreditasi

FOTO: Suasana rapat paripuran ke-7 masa persidangan III (tiga) tahun sidang 2023 DPRD Kalteng, Kamis (02/11/2023).

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id – DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan III (Ketiga) Tahun Sidang 2023 dengan agenda tanggapan Gubernur Kalteng terhadap Pemandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD Kalteng Terhadap nota keuangan dan rancangan APBD provinsi Kalteng T.A 2024.Kegiatan ini berlangsung di ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Jalan S. Parman Kota Palangka Raya, Kamis (02/11/2023).

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kalteng H. Wiyatno, didampingi Wakil Ketua II Jimmy Carter dan dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, dan sejumlah anggota DPRD Kalteng, perwakilan SOPD, unsur Forkompimda lingkup Provinsi Kalimantan Tengah sehingga rapat tersebut dinyatakan dapat dilaksanakan dan terbuka untuk umum.

Pimpinan Rapat Paripurna, H. Wiyatno menyampaikan setelah  mendengarkan pemandangan umum dari 7 (tujuh) fraksi pendukung DPRD Kalteng yang disampaikan oleh masing- masing juru bicaranya, maka selanjutnya  akan mendengarkan tanggapan atau jawaban dari Pemprov. Kalteng atas masukan dan pertanyaan pemandangan umum dari ke 7 (tujuh) fraksi pendukung yang DPRD Kalteng.

Lanjut, Gubernur Kalteng yang dalam hal ini diwakilkan oleh Edy Pratowo  selaku Wagub Kalteng menyampaikan jawaban dan tanggapan terkait dari berbagai masukan masukan, usulan dan pertanyaan yang telah disampaikan oleh masing-masing fraksi pendukung DPRD Kalteng

“Menanggapi saran masukan serta menjawab pertanyaan dari fraksi PDIP terkait peningkatan pendapatan bagi instansi yang berkompeten untuk mencapai target sebagaimana yang ditetapkan pada APBD T.A 2023, dan peningkatan penerimaan T.A 2024 untuk mencapai suatu kondisi keuangan yang semakin mandiri dan mapan. Badan Pendapatan Daerah selaku koordinator pendapatan daerah akan terus bekerja semaksimal dan seoptimal mungkin untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah, dengan menambah kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi pengelolaan pendapatan daerah khususnya penerimaan dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terangnya.

Selanjutnya Edy menyampaikan tanggapan Pemrov. Kalteng dari fraksi Golkar terkait perencanaan dan penerimaan PAD T.A 2024 yang akan dituangkan dalam Perpres tentang rincian APBN T.A 2024. Lalu, menanggapi saran dan masukan dari fraksi Gerindra terkait peningkatan sektor industri, UMKM, pertanian, pariwisata, kesehatan dan infrastruktur yang mengacu pada kesejahteraan rakyat Kalteng, pemrov sependapat atas masukan-masukan yang telah disampaikan.

Dirinya menyampaikan terkait masukan dari fraksi Demokrat terkait target PAD sudah melewati analisa oleh SKPD dengan menyesuaikan kondisi ekonomi masyarakat Kalteng.

Ia juga menambahkan terkait masukan-masukan dan saran dari fraksi PKBPKB Pemprov. Kalteng mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kinerjanya menuju Kalteng BERKAH dan senantiasa melakukan perbaikan program kinerja pemerintah melalui Rancangan APBD T.A 2024 sampai dengan ditetapkannya Perda APBD.

“Demikian penjelasan dan tanggapan yang dapat kami sampaikan atas Pemandangan Umum Fraksi Pendukung DPRD terhadap Raperda tentang Rancangan APBD Provinsi Kalteng T.A 2024. Semoga proses pembahasan program kegiatan pada Rancangan Perda dan juga Pergub APBD Tahun Anggaran 2024 dapat berjalan dengan baik dan juga bermanfaat pada saat pelaksanaan-nya,” pungkasnya. (MR/Y1)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!