Pengawasan Sekolah Bakal Dievaluasi

SAMPIT – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekera

Pembangunan RS Pratama Pundu Kekurang Dana Rp 5 Miliar
Bapemperda DPRD Kota Usul Dua Raperda Inisiatif di Cabut
Halikinnor Wujudkan Pengaspalan di Tiga Sekolah Ini

SAMPIT – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (Permendikbudristek PPKSP).

Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melakukan evaluasi sistem keamanan sejumlah sekolah baik fisik maupun sumber daya manusia (SDM) sekolah dalam rangka pencegahan tindakan kriminalitas pelajar baik pada jam istirahat sekolah maupun jam pulang sekolah.

“Kita akan evaluasi sesuai arahan menteri, evaluasi mungkin lebih ke pengawasan guru pada jam-jam rentan seperti jama istirahat dan pulang sekolah, karena kebanyakan kasus terjadi pada jam-jam tersebut,” ujar Kepala Disdik Kotim, Muhammad Irfansyah, Rabu 25 Oktober 2023.

Pihaknya nanti akan minta kepada semua Kepala Sekolah melakukan upaya memperketat pengawasan dan penjagaan lingkungan sekolah untuk melindungi peserta didik dari tindakan kriminalitas terutama sesama siswa di lingkungan sekolahnya.

Selain itu juga pihaknya akan menerapkan tim PJ dari setiap sekolah yang dibawa naungan Disdik Kotim untuk menjalin komunikasi dengan orang tua wali memastikan jam pulang sekolah siswa sudah berada di rumah masing-masing.

“Kita akan pastikan semuanya baik adanya. Untuk siswa jenjang PAUD sampai SMP wajib antar jemput sekolah baik orang tua maupun keluarga. Anak SMP tidak diperbolehkan membawa kendaraan sendiri karena belum cukup umur. Sedangkan SD juga kita larang naik sepeda listrik ke sekolahan karena berbahaya,” pungkasnya. (ag)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!