Ini Rangkaian ‘Kemenkeu Mengajar’ di SDN 1 Mentaya Seberang

SAMPIT – Sebagai tindak lanjut Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan

Pihak Perusahaan Diminta Laksanakan Rekomendasi Pemkab Kotim
Anak Berperan Penting Bagi Bangsa
Pantau Tempat Berkumpul, Satpol PP Rutin Patroli

SAMPIT – Sebagai tindak lanjut Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyampaikan beberapa hal melalui pedoman pelaksanaan peringatan HSP.

“Salah satunya berkaitan dengan tema dan logo peringatan HSP ke-95 Tahun 2023. Tema besar Hari Sumpah Pemuda ke-95 yakni Bersama Majukan Indonesia,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), M Irfansyah, Senin, 23 Oktober 2023.

Kemudian, upacara bendera peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 di tingkat pusat dilaksanakan di kantor Kemendikbud Rustek Senayan, Jakarta pada tanggal 28 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB dengan menggunakan seragam KORPRI lengkap.

“Upacara bendera peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 di luar kantor Kemendikbud Ristek dan di daerah dilaksanakan secara khidmat dan sederhana pada tanggal 28 Oktober 2023 pukul 08.00 waktu setempat dengan menggunakan seragam KORPRI lengkap,” ujarnya.

Susunan acara pada upacara bendera yakni, pembina upacara tiba di tempat upacara, penghormatan kepada pembina upacara, laporan pemimpin upacara, pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara, pembacaan teks Pancasila.

Kemudian, pembacaan naskah pembukaan UUD 1945, pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928, lagu Satu Nusa Satu Bangsa, amanat pembina upacara (membacakan naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga), lagu Bangun Pemudi Pemuda, pembacaan doa, laporan pemimpin upacara, penghormatan kepada pembina upacara dan upacara selesai.

“Pimpinan unit kerja di tingkat pusat maupun daerah diimbau untuk menyemarakkan Peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 dengan membuat spanduk, leaflet, pamflet, meme, film pendek, konten kreatif terkait kepemudaan serta bentuk media publikasi lainnya,” bebernya.

Juga dihimbau, menjadikan bulan Oktober sebagai bulan pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat bersama memajukan Indonesia dengan berpedoman pada buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dapat diunduh pada laman Materi Publikasi Hari Sumpah Pemuda 2023 (kemenpora.go.id). (ag)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!