Meriah Kemerdekaan RI ke-78, Heppiii Community Gelar Sejumlah Keseruan di Pangkalan Bun

PANGKALAN BUN - Kemeriahan HUT Republik Indonesia ke-78, Tahun 2023 juga digelar sejumlah desa di Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar), Kalteng.

Kabid Humas Tegaskan Polda Kalteng Tidak Memerintah Siapapun Meminta Uang Dalam Penerimaan Anggota Polri
KM Satya Kencana III Tenggelam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai
Hak Perempuan Wajib Terpenuhi

KEMERDEKAAN: Sejumlah lomba yang digelar Heppiii Community melalui kemeriahan Merdeka Heppiii di Pangkalan Bun.(FOTO: IST).

PANGKALAN BUN – Kemeriahan HUT Republik Indonesia ke-78, Tahun 2023 juga digelar sejumlah desa di Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar), Kalteng.

Salah satu kemeriahan tersebut, yakni diadakannya Merdeka Heppiii yang digagas Heppiii Community di Kalimantan. Sejumlah lomba digelar di, yang salah satunya lomba Tumpeng di Pangkalan Bun dan diikuti perwakilan dari sejumlah desa yang ada di wilayah setempat.

Sejumlah desa yang terlibat dalam lomba Tumpeng tersebut, diantaranya adalah Desa Persiapan Pangkalan Lada, Desa Pandu Sanjaya dan Desa Lada Mandala Jaya. Dalam lomba Tumpeng tersebut, yakni beradu keindahan dalam membuat dan menghias Tumpeng. Kegiatan ini berlangsung selama Bulan Agustus hingga September 2023.

“Di Desa Pandu Sanjaya ada pembuatan tumpeng bertema kemerdekaan, setelah lomba digelar warga kemudian menikmati sajian ini bersama-sama. Kegiatan ini tentunya sangat positif karena selain memeriahkan kemerdekaan, juga bisa memupuk kerukunan warga yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” kata Koordinator Heppiii Community Pangkalan Bun, Wayan Virgo, Jumat (8/9/2023).

Dikatakannya juga, kemeriahan kegiatan Merdeka Heppiii di desa-desa Pangkalan Bun ini, juga diisi dengan kegiatan yang bertema lingkungan. Seperti kebersihan lingkungan, sekaligus juga menghias desa masing-masing.

“Kami rangkai juga dengan ada lomba khas Agustusan lainnya, seperti turnamen sepak bola memakai daster, volly terpal, tarik tambang, cerdas cermat, panjat pinang dan lainnya” sebutnya.

Wayan menambahkan, kegiatan ini dilangsungkan, sebagai bentuk rasa syukur warga desa Heppiii Community dalam merayakan kemerdekaan, serta sebagai wujud rasa cinta kami untuk negeri ini.

Kegiatan Merdeka Heppiii ini berlangsung sepanjang bulan Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan serentak di 181 desa di 17 kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa timur dan Kalimantan.

Untuk rinciannya yakni di Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17 Desa. Selanjutnya di Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16 desa dan daerah lainnya. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, wilayah Banjarmasin 19 desa.

Di tempat terpisah, Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

“Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran rakyat seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba. Termasuk gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa,” pungkasnya. (rls/bud)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!