Puluhan Siswa Ikuti Lomba Menggambar ‘Talawang’

SAMPIT - Sekitar 80 peserta dari tingkatan SMP dan SMA di Kabupaten Kotawaringin Timur mengikuti lomba melukis di atas telabang pada Kamis, 31 A

Desak Bupati Agar Evaluasi Kinerja Dinsos Kotim
Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir
Lagi Lagi Dilanda Banjir Akses Dua Desa Nyaris Putus

SAMPIT – Sekitar 80 peserta dari tingkatan SMP dan SMA di Kabupaten Kotawaringin Timur mengikuti lomba melukis di atas telabang pada Kamis, 31 Agustus 2023. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu berlangsung di Museum Kayu Sampit.

Kegiatan merupakan event tahunan yang rutin digelar dengan tema yang mengusung pemajuan kebudayaan lokal. Kegiatan biasanya diisi dengan edukasi dan perlombaan dengan menyelipkan unsur-unsur kebudayaan untuk para pelajar yang ada di Kotim.

“Hari ini lomba melukis di telabang, ada dua kategori yaitu untuk SMP dan SMA dengan tema ‘generasi cinta budaya cinta bangsa’. Mereka membuat karya dengan motif ciri khas Dayak secara kontemporer,” ungkap salah satu juri, Maskur.

Menurutnya, media telabang dipilih karena merupakan alat atau tameng masyarakat etnik Dayak. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya juga sudah mencoba media lain yang berbeda dan berciri khas kebudayaan.

Ketua Panitia, Masnah menambahkan, kegiatan ini berlangsung selama lima hari. Selain kegiatan perlombaan, dipilihnya lokasi Museum Kayu Sampit sebagai titik acara adalah upaya pihak Disbudpar Kotim untuk menumbuhkan rasa cinta dan pengetahuan masyarakat pada museum itu sendiri.

“Kemarin kita mengadakan edukasi wisata museum yang diikuti sebanyak 100 peserta yang merupakan pelajar, hari ini sampai dengan Sabtu kita adakan lomba di sini. Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita berharap masyarakat bisa mencintai dan mengenal lebih jauh Museum Kayu,” katanya. (ag)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!