Pemerataan Guru di Pelosok Punya Kaitan Erat dengan Upaya Peningkatan SDM Lokal

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id -Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Siswandi mengatakan keberadaa

Edy Pratowo Hadiri Paripurna Secara Virtual
Komisi III DPRD Kalteng Minta Pemda Tingkatkan Layanan Kesehatan di Daerah Pelosok
Srikandi Dewan Kalteng ini Berharap Daerah Pelosok Teraliri Jaringan Internet

FOTO: Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Siswandi.

PALANGKA RAYA, FaktaKalimantan.co.id –Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Siswandi mengatakan keberadaan tenaga pengajar harus dapat merata di wilayah Kalteng agar upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bisa berjalan lancar. Menurut dia, keberadaan tenaga pengajar atau guru merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan peserta didik melalui transfer ilmu yang dilakukan.

“Didalam dunia pendidikan apabila tenaga pengajar tidak memadai pada satuan pendidikan imbasnya proses belajar mengajar akan kurang maksimal. Sehingga, tenaga pengajar harus bisa dipenuhi secara merata,” ujar dia, Kamis (03/08/2023).

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga pengajar khususnya di pelosok, ia menyarankan ketika pemerintah membuka lowongan CPNS atau PPPK supaya dapat lebih memperbanyak formasi guru dengan wilayah penepatan di daerah di pelosok atau pedesaan.

Selain itu, untuk mendukung agar para pengajar di pelosok betah dalam menjalani tugasnya berbagai hal juga perlu diperhatikan, misalnya pembangunan di desa lebih digencarkan baik infrastruktur hingga jaringan listrik dan telekomunikasi.

“Sektor-sektor itu merupakan pendukung bagi tenaga pengajar. Hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan juga perlu diperhatikan contohnya rumah dinas guru, ini sangat penting agar mereka betah bertugas di pelosok,” ucapnya.

Dirinya berharap ke depan khususnya di wilayah Kalteng tidak ada lagi daerah yang kekurangan tenaga pengajar, namun sebelumnya upaya dari pemda juga sangat diharapkan memperhatikan hal tersebut. (Y1)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!