Ini Tiga Raperda yang Disepakati Jadi Perda

  faktakalimantan.co.id - KUALA KURUN – Dewan Perwakalian Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas (Gumas) akhirnya menyetujui tiga rancangan perat

Polres Gunung Mas Gelar Persami bagi Pramuka Saka Bhayangkara
Heri A. Junas : Sekolah Musti Maksimal Penggunaan Dana BOS
PGRI Diharap Mampu Memberi Kontribusi untuk Dunia Pendidikan

FOTO : Bupati Gumas Jaya S Monong tengah menerima dari Ketua DPRD Akerman Sahidar atas Perda yang disetujui di kantor dewan setempat, Rabu (17/11/2021).

 

faktakalimantan.co.id – KUALA KURUN – Dewan Perwakalian Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas (Gumas) akhirnya menyetujui tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk diundangkan menjadi Perda. Persetujuan tiga Raperda ini diputuskan melalui rapat paripurna ke 7 masa persidangan 1 tahun anggaran 2021 yang berlangsung di Gedung DPRD Gumas Rabu (17/11/2021).

Bupati Gumas Jaya S Monong mengaku berterimakasih kepada DPRD Gumas yang telah menyetujui tiga buah raperda untuk diundangkan menjadi Perda. Pengajuan tiga buah Raperda ke DPRD Gumas ini, lanjut Jaya karena sebuah kebutuhan Pemkab Gumas sebagai penyelenggara urusan pemerintah terutama memberikan payung hokum terhadap sumber-sumber pendapatan daerah. “Kami sangat berterimakasih dan menyambut baik dengan disetujuinya tiga buah Raperda menjadi Perda,” kata Jaya di depan para anggota dewan.

Jaya menegaskan ketiga Perda tersebut adalah Perda Penyelenggaraan Cadangan Pangan dan Jumlah Cadangan Beras, Perda tentang Perlindungan, Pemberdayaan Nelayan dan Pembudi daya Ikan dan Perda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

Atas disetujuinya tiga buah Raperda ini Bupati berharap kepada perangkat daerah untuk menjaga keseimbangan dan meningkatkan pengelolaan cadangan pangan, meningkatkan penyediaan pangan untuk menjamin pasokan pangan yang stabil antar waktu dan antar  wilayah. “Adanya Perda cadangan beras semoga dapat meningkatkan akses pangan masyarakat yang mengalami keadaan darurat dan kerawanan pangan, pasca bencana alam dan bencana sosial, seperti bencana alam dan non alam,” ujarnya.

Menyinggung Perda tentang Perlindungan, Pemberdayaan Nelayan dan Pembudi daya Ikan, bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mengembangkan usaha di bidang perikanan. Sehingga ke depanya terwujud usaha yang berkelanjutan, serta meningkatkan kemampuan dan kapasitas nelayan dan pembudidayaannya.

Soal Perda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, Bupati berharap Perda ini juga dapat  mewujudkan keseimbangan antara obyek dan tarif Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dengan pelayanan yang diberikan kepada orang pribadi dan badan. “Target utamanya Perda ini dapat  meningkatkan pendapatan daerah,” imbuhnya. (gatang/hms)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: