Siaga Karhutla, BGA Region Mentaya Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

faktakalimantan.co.id - SAMPIT - Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur, maka BGA

250 Yacther International Berlayar ke Teluk Kumai
Ratusan KK Jadi Korban Banjir, BGA Region Kotawaringin Salurkan Bantuan
Grand Opening ‘Realme’ Official Store Perdana di Kobar

FOTO : Instruktur Fire Fight BGA Group saat memberi pelatihan terkait penanganan dan pencegahan Karhutla.

faktakalimantan.co.id – SAMPIT – Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur, maka BGA Group Region Mentaya melalui anak usahanya PT. Karya Makmur Bahagia (KMB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pengembangan diri bagi Training for Trainer (TOT) dalam Program Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran.

Pelatihan yang dilaksanakan Rabu 8-10 Juli tahun 2020 ini diikuti sejumlah karyawan BGA Group Region Mentaya dan beberapa elemen masyarakat setempat.

Pelatihan ini diharapkan, mampu memberikan pengetahuan dan keahliannya kepada anggota Satgas Karhutla yang telah terbentuk. Kegiatan ini juga sebagai penguatan dari sistem pencegahan dan penanggulangan Karhutla yang sudah ada.

Pelatihan ini membahas beberapa bagian, mulai dari pengenalan alat-alat Sapras Damkar serta perawatan alat setelah dan sebelum digunakan agar dapat alat tersebut awet dan bisa dipergunakan dalam waktu jangka panjang. Ada juga cara pemakaian alat dan penyusunan alat disaat pemakaian setelah selesai dipergunakan.

Dan yang terakhir adalah praktek kering dan basah alat-alat Sapras Damkar, dimana praktek kering adalah simulasi secara tidak langsung (Tidak ada penyiraman serta api) sedangkan praktek basah adalah simulasi secara langsung (Cara memadamkan api dengan penyiraman).

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh pemateri dari team Manggala Agni Pangkalan Bun sebanyak delapan orang yang dibagi menjadi dua tahapan yakni, teori dan praktek kelapangan secara langsung. Kegiatan ini juga langsung dikawal langsung oleh Manager Fire Fight BGA Group, Joko Triyanto.

“Diharapkan melalui program ini dapat mengembangkan kemampuan karyawan di bidang Tanggap Darurat beserta cara penanggulangan dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.” Imbuh Joko.

Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian, memperkuat rasa kepedulian, kerjasama tim dan kesiagaan terhadap terjadinya KARHUTLA disekitar perusahaan PT. KMB. (rz/agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: