Antisipasi Covid-19, Disdukcapil Gumas Buka Layanan Kependudukan Online

faktakalimantan.co.id - KUALA KURUN - Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disd

Realisasi PAD Triwulan I Mencapai 72,22 Persen
H. Gumer : Ayo Budayakan PHBS
Aspirasi Masyarakat Gumas Perlu Diakomodir

FOTO : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunung Mas, Barthel.

faktakalimantan.co.id – KUALA KURUN – Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Gunung Mas membuka layanan kependudukan dengan cara online.

“Layanan online ini berlaku mulai Senin depan. Dan akan diprioritaskan, apabila masih dalam keadaan darurat wabah virus corona,” kata Kepala Dinas Dukcapil Barthel melalui pesan singkat, Sabtu 28 Maret 2020.

Dia mengatakan layanan tersebut masih dalam tahap evaluasi untuk melihat keefektifan terhadap pengguna. Pasalnya, tidak semua masyarakat memiliki handphone atau alat teknologi lainnya.

Bila semuanya berjalan dengan baik, lanjutannya tentu layanan ini akan diteruskan. Sebab menurutnya layanan tersebut salah satu inovasi untuk memberi kemudahan untuk masyarakat dan Disdukcapil agar tidak menimbulkan antrian yang panjang di loket.

“Untuk jam kerja layan ini mulai buka dari pukul 07.30-15.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen pribadi dapat mengunjungi website https://linktr.ee/DisdukcapilGunungMas,” terangnya.

Dia menambahkan seluruh layanan kependudukan yang semula dilakuan dengan manual, kini dialihkan ke website tersebut. Namun perekaman KTP untuk sementara waktu ditiadakan.

Diharapkan layanan kependudukan dengan sistem online tersebut dapat terus berjalan dan menjadi tuntutan untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan sehingga layanan Disdukcapil go digital dapat terwujud.

“Saya minta masyarakat dapat menggunakan layanan ini, karena sengat mudah digunakan serta tidak dipungut biaya. Untuk persyaratan berkas cukup difoto dan dikirim. Bila dokumen sudah selesai nanti akan kami akan informasikan,” pungkasnya. (agg/hms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!