Dinas Pertanian Akan Meningkatkan Budidaya Sengon di Paju Epat

faktakalimantan.co.id - Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur akan serius mengembangkan tanaman kayu sengon kurang lebih

Pemerintah Bartim Diminta Benahi TPA Baruh Benawa
Pj Bupati Bartim Hadiri Peresmian Perubahan Nama PDAM
Profil Singkat dan Karier Pj Bupati Barito Timur

FOTO : Kepala Dinas Pertanian Ir. Riza Rahmadi melakukan pertemuan dengan para penyuluh.

faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur akan serius mengembangkan tanaman kayu sengon kurang lebih 150 hektare bertempat Kecamatan Paju Epat.

Awal rencana yang akan dimulai pada tahun 2020 ini akan disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Ir. Riza Rahmadi ketika melakukan pertemuan di Kecamatan Paju Epat berserta para penyuluh pertanian, Jumat (28/2/2020).

“Mari kita coba untuk terus mengembangkan tanaman sengon untuk mengatasi kondisi tanah yang kurang subur,” ucap Riza.

Menurut Kadis, tanah berpasir merupakan jenis tanah yang gambut dan mudah dilalui oleh air. Hal tersebutlah yang menyebabkan tanaman kekurangan air dan menjadi layu. Dari kandungan unsur hara pada tanah pasir juga terbatas.

Dari pohon sengon menjadi salah satu primadona perkayuan. Selain harganya, masa panen sengon relatif cepat dengan proses budidaya terbilang mudah sehingga dapat menggantikan jenis kayu lain yang lebih lama masa usia panen.

Untuk kayu sengon bisa menjadi bahan baku untuk kontruksi ringan, kerajinan tangan dan kayu lapis. Karena memiliki keunggulan dibanding kayu lain, yaitu tidak mudah bengkok, tidak berbekas cabang, tidak mudah lapuk, tidak mudah busuk dan tidak mudah pecah.

“Kayu sengon bisa dimanfaatkan setelah usia lima tahun, tapi kalau untuk bahan bubur kertas usia tiga tahun sudah bisa di panen,” harap Riza.(ags/agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!