Kades Diminta Jeli Menggali Potensi Desa

"Seorang Kades, harus bisa belajar untuk memanfaatkan potensi desa yang dimiliki, sehingga nanti bisa diperkenalkan kemasyarakatan luas. Dengan demikian, Nantinya desa pasti akan semakin tambah maju dan berkembang," ucap Broelalano, Jumat (21/2/2020).

faktakalimantan.co.id - Tamiang Layang - Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim), Broelalano menginginkan agar semua kepala desa se Barito Ti

Wakil Rakyat Ini Ajak Warganya Teladani Perjuangan R.A Kartini
Dukung PPKM, Bartim Bangun Posko
Bapenda Sosialisasikan Perda Kabupaten Barito Timur Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim), Broelalano.

faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim), Broelalano menginginkan agar semua kepala desa se Barito Timur ini, agar jeli dalam menggali dan memanfaatkan potensi desa yang dimiliki masing-masing.

“Seorang Kades, harus bisa belajar untuk memanfaatkan potensi desa yang dimiliki, sehingga nanti bisa diperkenalkan kemasyarakatan luas. Dengan demikian, Nantinya desa pasti akan semakin tambah maju dan berkembang,” ucap Broelalano, Jumat (21/2/2020).

Dengan terus menggali potensi yang dimiliki oleh desa, ucap dia, nantinya akan berdampak sangat besar terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat di 101 desa di Barito Timur.

“Terlebih lagi, potensi tersebut bisa cepat berkembang menjadi peluang usaha besar yang sangat menjanjikan, baik itu di bidang pertanian, perkebunan dan Peternakan,” kata Broelalano.

Ia menuturkan, keberadaan potensi desa yang dimiliki tersebut nantinya bisa dikelola melalui badan usaha milik desa (BUMDes) dengan biaya modal awal bisa menggunakan dana desa yang dikucurkan pemerintah kabupaten (Pemkab) maupun juga pemerintahan pusat.

“Dengan peluang dan modal sudah ada. Sekarang tinggal kemauan dan kejelian dari semua Kades dan juga perangkatnya untuk memanfaatkan sumber potensi desa yang dimiliki,” ujar Politikus Partai Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) II meliputi Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Benua Lima dan Kecamatan Patangkep Tutui ini berharap, agar peluang dan potensi desa ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di 101 desa.

“Kami meminta agar pemerintah terus memerikan perhatian, sehingga nantinya pembangunan desa bisa lebih maju dan mampu mensejahterakan masyarakat. Selain itu juga, peran penting masyarakat menentukan sukses tidaknya pemanfaatan potensi di desanya tersebut,” pungkasnya. (ags/agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!