Kinerja Kades Musti Dapat Dukungan Aparatur Desa

faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengatakan, tugas kepala desa cukup berat. Karena itu, dalam pelaks

Wajib Bayarkan THR H-7 Lebaran
Apresiasi Kinerja dan Proses Legislasi di Bartim
Hadiri Musda IV MUI, Bupati Bartim Katakan Ini

FOTO : Bupati Bartim, Ampera A.Y Mebas.

faktakalimantan.co.id – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengatakan, tugas kepala desa cukup berat. Karena itu, dalam pelaksanaannya harus dibantu oleh segenap aparatur dibawahnya.

“Termasuk juga dengan komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa dalam usaha mencapai kesejahteraan bersama masyarakat,” ucap Ampera, Kamis (6/2/2020).

Oleh sebab itu, lanjut dia, seorang Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Karena itu pula peran penting Kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah di desa,” kata Ampera.

Ia menegaskan, selain sukses melaksanakan pembangunan desa, juga sukses pertanggungjawaban keuangan desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dirinya mengingatkan tugas seluruh Kades. Sebab Kades merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah di daerah.

Pada kesempatan itu, bupati mengatakan agar kades dan aparatur desa harus saling kordinasi satu sama yang lain. Untuk mewujudkan pembangunan desa yang lebih maju dan mandiri.

“Jangan sampai aparatur desa dan kades tidak saling kordinasi satu dengan yang lain,” terang Bupati.

Diharapkan agar Kades selalu dibantu semua aparatur desa, apabila Kades ada kesulitan dan kendala dalam melaksanakan program pembangunan desa.

Ia menjelaskan bahwa fungsi BPD adalah menetapkan peraturan desa (Perdes) bersama Kades, termasuk juga menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Serta melakukan pengawasan kinerja Kades.

“Sedangkan tugas dan kewenangan BPD yaitu membahas rancangan Perdes bersama kades dan melaksanakan pengawasan atas pelaksanaan Perdes dan peraturan Kades,” pungkasnya. (ag/agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: