Dorong Gunung Lumut jadi Taman Nasional

MUARA TEWEH - Hutan Gunung Lumut di Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Batara) merupakan hutan yang sakral bagi masyarakat umat Hindu

Lakalantas Jalan H. Koyem Satu Nyawa Melayang
Diskusi Solusi Pembukaan Lahan
Tinjau kesiapan SPBU, Bupati Tekankan Jangan Ada Kenaikan Harga 1 Rupiah Pun Dari Harga Pertamina

SENAM BERSAMA : Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Ketua I DPRD Kalteng H Jimmy Carter serta Ketua DPRD Batara Hj Mery Rukaini serta pejabat lainnya.

MUARA TEWEH – Hutan Gunung Lumut di Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Batara) merupakan hutan yang sakral bagi masyarakat umat Hindu Kaharingan di daerah setempat. Sebab hutan tersebut dipercaya sebagai tempat peristirahatan para arwah umat Hindu Kaharingan.

Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Edi Fran Aji mendorong hutan Gunung Lumut yang dipercayai oleh penduduk lokal sebagai tempat yang sakral, agar ditetapkan menjadi Taman Nasional. Sebab hutan tersebut sudah dianggap oleh masyarakat sebagai hutan yang sakral sejak nenek moyang mereka terdahulu.

“Saya mendukung hutan Gunung Lumut ini dijadikan Taman Nasional. Karena hutan ini perlu dilindungi dan jangan sampai dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata mantan kepala Desa Juju Baru itu, belum lama ini.

Dengan tegas ia mewanti-wanti perusahaan yang beroperasi di sekitar hutan Gunung Lumut, untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerusakan serta kehancuran terhadap kelestarian hutan yabg dianggap sakral oleh peduduk setempat tersebut. “Memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita secara bersama-sama, untuk menjaga kelestarian hutan tersebut,” tandasnya. (sib)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!