Dukung Program Penyusunan APBD 2020

MUARA TEWEH - Juru bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Wardatun Nurjamilah mengatakan, pihaknya mendukung penuh pemerintah daerah dalam men

Dewan Jemput Warga Jambu Terlantar di Samarinda
HMI Barito Utara Ulang Tahun Ke 72
Polres Barut Bagikan Enam Unit Motor Operasional 

SALAMAN : Ketua DPRD Batara Hj Mery Rukaini bersalaman dengan Bupati H Nadalsyah dan Wabup Sugianto Panala Putra.

MUARA TEWEH – Juru bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Wardatun Nurjamilah mengatakan, pihaknya mendukung penuh pemerintah daerah dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Karena APBD itu sebagai instrumen untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan di segala bidang.

“Tapi pemerintah juga perlu melakukan penataan prioritas program yang benar-benar urgen dalam rangka penyelarasan anggaran yang sepadan dengan keuangan daerah, untuk meningkatkan semangat dasar dan mengangkat konsep yang dapat mendorong ke arah pencapaian visi Kabuapten Batara dengan suatu langkah yang tepat pelaksanaan misi berbasis kinerja yang berkarakter,” kata Wardatun Nurjamilah saat penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD 2020.

Fraksi PPP juga minta pemerintah daerah agar konsisten dari awal pembahasan KUA-PPAS mengenai keputusan badan anggaran berkenaan dengan PAGU yang sudah disepakati, serta komitmen atas hasil pembahasan yang telah disetujui antara masing-masing komisi dengan mitra kerja.

“Kami mengapresiasi konsistensi pemerintah daerah untuk terus melakukan pemangunan yang menghubungkan antarkecamatan dengan desa dan desa dengan desa-desa, termasuk siring Sungai Barito di Kelurahan Lanjas. Tapi seperti yang diketahui bersama, banyak desa yang berada di pinggiran Sungai Barito mengalami longsor yang cukup parah dan perlu penanganan segera,” jelasnya.

Sementara Fraksi Amanat Karya Sejahtera menyampaikan beberapa catatan untuk menjadi bahan perhatian pemerintah daerah. Hasrat sebagai juru bicara fraksi tersebut menyampaikan, untuk terwujudnya masyarakat yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan, peningkatan sektor pendidikan merupakan salah satu bagian yang penting.

“Anggaran belanja langsung sebesar lima puluh lima miliar lebih, untuk peningkatan serta pemiliharaan sarana dan prasarana. Oleh sebab itu, kami berharap dinas terkait yang menggunakan anggaran tersebut dapat melakukan skala prioritas mana yang lebih diutamakan agar tercapai peningkatan mutu pendidikan di Barito Utara,” kata Hasrat, pada rapat paripurna penyampaian pemandangan umum tentang Raperda APBD 2020 beberapa hari lalu.

Dijelaskannya, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh, puskesmas dan puskesmas pembantu, selain peningkatan serta pemiliharaan sarana dan prasarana kesehatam juga pengadaan obat-obatan.

“Kami berharap agar ada juga peningkatan dalam bidang sumber daya manusia, terutama dalam hal disiplin kerja dan etos kerja sehingga dapat teratasi masalah puskesmas pembantu yang sering tidak hadir petugas kesehatannya di tempat,” tegas Hasrat lagi. (sbi)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!