Perlu Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Pihak dewan menilai, diperlukan upaya kampanye penyadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak dalam rangka p

Keberadaa Tenaga Pendidikan dan Kesehatan Dinilai Penting
Rp79 Miliar ADD dan Rp143 Miliar DD untuk 154 Desa
Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan

TINGKATKAN PENDAPATAN : Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono SSos mengatakan jika diperlukan upaya kampanye penyadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak.

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Pihak dewan menilai, diperlukan upaya kampanye penyadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak dalam rangka peningkatan pendapatan daerah.

“Upaya pemberian insentif pajak, juga perlu dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu dan terukur. Antara lain, melalui pemutihan denda tunggakan pajak kendaraan bermotor,” kata Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono SSos, baru-baru ini.

Menurut dia, upaya peningkatan pelayanan pajak dengan berbasis teknologi informasi juga patut terus dilakukan dan ditingkatkan. Begitu juga dengan upaya mendekatkan pelayanan pajak ke masyarakat melalui layanan keliling.

“Dalam upaya peningkatan pendapatan, Pemerintah Kabupaten Katingan melalui OPD hendaknya lebih giat dan aktif mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Karena sifatnya dana insentif, tentu diberikan pada daerah yang memiliki prestasi tertentu,” katanya.

Lanjuut Rudi, pihak dewan mengingatkan agar pemerintah daerah konsisten dengan RPJMD. Selain itu, memperiorotaskan pada program yang memihak kepentingan dan kebutuhan masyarakat melalui Sembilan priorotas tahun 2020.

“Salah satu prioritas utama addalah peningkatan ketersediaan infrastruklutur dasar. Walaupun kedepan, program prioritas pembangunan ini pelu direvisi sehbungan dengan beberapa kondisi. Antara lain, banjir dan rusak atau kurangnya infrastruktur,” ucap Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Pihak dewan juga menilai, pentingnya pembangunan jembatan yang menjadi penghubung antar wilayah di Kabupaten Katingan.

“Karena salah satu karakteristik daerah kita ini adalah dilewati oleh beberapa sungai besar. Penyelesaian beberapa jembatan, juga patut menjadi perhatian kita bersama,” imbuhnya.

Sarana infrastruktur lain yang juga patur mendapat perhatian, adalah ketersediaan air bersih. Sebagaimana diketahui bersama, air adalag sumber kehidupan dan menjadi kebutuhan yang sangat penting sekali bagi masyarakat.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pembangunan beberapa sumber Artesis,” tambahnya. (tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!