Hanura-NasDem Soroti Pentingnya Pemerataan Pembangunan

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Sama dengan fraksi lainnya, Fraksi Hanura-NasDem juga menyampaikan sejumlah catatan terkait nota keuangan dan R

Lelang Fisik Harus Segera Dilakukan Terutama Didaerah Rawan Bencana Banjir
Dewan Soroti Banyaknya Nakes Pindah Tugas ke Ibukota Kabupaten
Raih WTP Ke-VIII, Dewan Puji LKPD Pemkab Katingan

HADIRI PARIPURNA: Sejumlah anggota dewan saat menghadiri rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi.

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Sama dengan fraksi lainnya, Fraksi Hanura-NasDem juga menyampaikan sejumlah catatan terkait nota keuangan dan Rancangan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020. Delam pemandangan umun yang dsisampaikan Juru Bicaranya Winda Natalia SHut MSi, Fraksi Hanura-NasDem menyoroti pentingnya pemerataan pembangunan dan peningkatkan infrastruktur.

“Termasuk pembangunan sarana desa dan prasarana dasar sosial ekonomi masyarakat desa. Selain itu, perlu adanya peningkatan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Kemudian, menggerakan pengembangan ekonomi kerakyatan dengan mengandalkan pembangunan pertanian sebagai usaha bersama di desa,” tuturnya dalam Rapat Paripurna DPRD Katingan.

Fraksi Hanura-NasDem berharap, agar beberapa hal yang sudah ditargetkan dalam Rancangan APBD 2020 dapat tercapai. Meskipun, tantangan dan permasalahan kedepan diprediksi masih akan dinamis.

“Sebagai antisipasi dalam pencapaian pendapatan yang telah ditargetkan, Pemkab Katingan dituntut untuk cerdas dan kreatif dalam menghasilkan serta mengelola sumber-sumber pendapatan,” tuturnya.

Berkenaan dengan belanja daerah, Fraksi Hanura-NasDem mengingatkan agar Pemkab Katingan konsisten dengan RPJMD. Selain itu, meperioritaskan pada program yang memihak kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

“Khusus untuk urusan kesehatan dan pendidikan, kami mengingatkan ini adalah salah satu sektor ungulan dalam perwujudan Visi Misi Katinga Bermartabat. Untuk mewujudkannya, tentu perlu mendapatkan alokasi belanja yang mampu mendukung program tersebut,” katanya.

Fraksi Hanura-NasDem berharap, agar upaya perwujudan E-government secara serius dilaksanakan.Penggunaan portal.katingankab.go.id sebagai website resmi Pemkab Katingan, diharapkan lebih optimal.

“Tujuannya, agar membantu transparansi dalam pelaksanaan program di APBD. Pasalnya selama ini, laporan dari OPD belum maksimal diupload. Sementara hal tersebut diperlukan untuk melihat proses dari input, output, outcome dan impact atau dampak dari kebijakan yang dibuat,” ujarnya.

Fraksi Hanura-NasDem mengapresiasi pemerintah daerah yang telah memasukan pembangunan dan pembukaan Jalan Telangkah ke wilayah hulu dalam progtam APBD 2020. Termasuk pula, pembukaan Jalan Baun Bango, Kecamatan Kamipang menuju Pagatan, Kecamatan Katingan Kuala. (tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!