Tingkatkan Kesehatan Lansia Melalui Olahraga Ringan

Tamiang Layang - Pemerintah kabupaten Barito Timur terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Hal itu juga diberikan kepada para la

Anggarkan 4,5 Miliar Pembangunan Jalan Pulau Padang Betang Nalong
Bupati Bartim Apresiasi TMMD Berjalan Sukses
Sekda Lepas Kafilah Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi

Foto : Kadis Kesehatan Bartim Simon Biring  bersama Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy, SIK,  Wakapolres Bartim Kompol Donald Harianja, SIK dan para Lansia usai mengikuti bakto sosial di Puskesmas Tamiang Layang, Jumat (18/10/2019).

Tamiang Layang – Pemerintah kabupaten Barito Timur terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Hal itu juga diberikan kepada para lansia melalui pelayanan kesehatan promotif dan preventif agar tetap segar dan sehat melalui olahraga ringan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr Simon Biring mengatakan pelayanan kesehatan promotif adalah serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan bersifat promosi kesehatan. Sementara itu, pelayanan kesehatan preventif adalah kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan atau penyakit.

“Contohnya, seperti hari ini (kemarin-red)  para lansia setiap minggu mereka senam agar di hari tua tetap sehat,” kata Simon kepada awak media usai mengikuti kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di Puskesmas Tamiang Layang, Jumat (18/10/2019).

Dijelaskannya dalam pelayanan kesehatan promotif dan preventif, para lansia diusahakan tetap segar dan sehat melalui olahraga ringan. Hal ini sebutnya merupakan indikasi dari berjalannya pelayanan kesehatan promotif dan preventif bagi para lanjut usia (lansia) di Barito Timur.

Menurut Simon, setiap lansia juga diperiksa dan dipantau kesehatannya dengan Kartu Manuju Sehat (KMS) Lansia setiap bulan melalui kegiatan Posyandu Lansia di setiap desa.

“Sekarang lansia tidak lagi menjadi beban bagi keluarga, mereka menjadi lansia yang mandiri dan produktif,” timpalnya.

Sementara itu kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas kesehatan mengadakan Bakti Sosial Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Barito Timur, bertempat di Puskesmas Tamiang Layang.

“Bakti sosial kesehatan yang ditujukan kepada para lanjut usia (lansia) berusia diatas 60 tahun tersebut berupa pemeriksaan kesehatan kepada para lansia untuk memastikan mereka tetap sehat,” kata Kapolres Barito Timur, AKBP Zulham Effendy saat kegiatan bakti sosial kesehatan.

Kapolres juga mengapresiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan lansia yang dilakukan secara rutin setiap bulan oleh Dinas Kesehatan Barito Timur.

Ia juga menyampaikan komitmen Polres Barito Timur dalam menjaga para lansia tetap sehat, salah satunya dengan jaminan keamanan yang diberikan.

“Jika pikiran mereka tenang maka mereka juga akan tetap sehat,” tukas Kapolres. (vri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!