Dorong OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

PULANG PISAU - Masih rendahnya serapan anggran, baik fisik maupun keuangan pada triwulan III di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) li

DPRD Usulkan Pendapatan Terpisah dari DPPKAD
Bidan Diharapkan Memiliki Alat USG
Anggota BPD Hanjak Maju Resmi Dikukuhkan

FOTO : Ahmad Jayadikarta.

PULANG PISAU – Masih rendahnya serapan anggran, baik fisik maupun keuangan pada triwulan III di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Pulpis mendapat perhatian dari Ketua Fraksi Nasional Demokrasi (Nasdem), DPRD setempat, Ahmad Jayadikarta.

“Kita mengharapkan agar serapan anggaran di tahun ini bisa mencapai target yang telah ditentukan, meski saat memasuki triwulan ke III, masih pada kisaran 50 persen,” kata Jayadi sapaan akrabnya, kemarin (13/9/2019).

Legislator Partai Nasdem ini mengatakan, keterlambatan persentase diserapan anggaran hingga memasuki triwulan ketiga ini, karena anggaran kegiatan di  masing-masing OPD banyak yang dilaksanakan pada triwulan tiga dan empat.

“Ini salah satu kendala persentase yang dicapai dalam setiap triwulan tidak memenuhi target. Karena kegiatan banyak dilaksanakan pada triwulan III dan IV,” ujarnya.

Meski begitu, dia berharap kepada masing-masing OPD agar mempercepat proses kegiatan, mulai dari lelang hingga proses pekerjaan di lapangan sehingga serapan anggaran dapat dicapai dengan maksimal.

“Harapan kita, memasuki triwulan IV, semua kegiatan harus digenjot pekerjaannya. Jangan sampai sistem administrasi yang dijalankan malah mengakibatkan penundaan program dan proyek anggaran yang berdampak pada kurang optimalnya penyerapan anggaran,” imbuhnya.

Dia juga mengingatkan, supaya penyerapan anggaran tetap waktu, diharapkan pelaksanaan program kegiatan dilaksanakan tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Meski begitu, pihaknya optimis, masing-masing OPD dapat melaksanakan semua kegiatan dengan maksimal sampai batas waktu tanggal 15 Desember 2019 mendatang.

“Kita optimis tanggal 15 Desember mendatang, realisasi baik fisik maupun keuangan dapat terserap dengan maksimal,” tandasnya. (hrs)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!