Keuangan Pemkab Gunung Mas Musti Mandiri

faktakalimantan.co.id - KUALA KURUN - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing membeberkan, jalannya roda Pemerintahan Kabupaten Gunung Mas se

Kepada Kementerian, Dinsos Gumas Usulkan Belasan Relokasi
Minta Warga Gencar Lakukan Program PSN
Kandidat Damang Kecamatan Rungan Ini Siap Hibahkan Tanah

FOTO : Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing.

faktakalimantan.co.id – KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing membeberkan, jalannya roda Pemerintahan Kabupaten Gunung Mas sejauh ini masih sangat bergantung dengan dana transfer pemerintah pusat maupun provinsi.

“Tahun Pemkab Gunung Mas masih mengalami defisit anggaran yang cukup banyak. Sebab kita masih bergantung dengan dana transfer untuk belanja daerah,” ungkapnya, Kamis (22/8/2019).

Berdasarkan data terbaru, peran pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Gunung Mas masih berkisar diangka lima persen dari APBD Gunung Mas.

“Angka lima persen itu artinya sangat kecil sekali, padahal PAD merupakan sektor pendapatan yang paling berpengaruh dan dapat mendongkrak keuangan daerah untuk membiayai roda pemerintahan,” katanya.

Jika ke depan Pemkab Gunung Mas mampu menjadikan PAD sebagai sumber utama pembiayaan pemerintahan, maka pelbagai pembangunan yang telah direncanakan bisa direalisasikam dengan mudah.

“Peluang PAD di daerah kita sebenarnya banyak, tinggal kreatifitas dan inovasinya saja yang musti ditingkatkan, seperti mengembangkan BUMD maupun BUMDes. Sehingga ke depan kita tidak lagi harus bergantung sepenuhnya dengan dana transfer,” tegasnya.

Sebab itu, seluruh SOPD di Pemkab Gunung Mas diharapkan memiliki persepsi dan komitmen yang sama untuk menjadikan PAD sebagai sumber utama pembiayaan pemerintah daerah.

“Jadi sekarang pola pikirnya harus dirubah, bukan lagi hanya berfokus bagaimana cara menghabiskan anggaran, namun juga memikirkan bagaimana mendongkrak PAD. Jika tidak demikian, maka tiap tahun pasti anggaran daerah kita selalu mengalami defisit,” pungkasnya. (agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!