Dorong Penggalian Situs Bersejarah

PULANG PISAU - Upaya pengembangan situs bersejarah Kapal Banama yang berada di wilayah Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten

Pulpis Usulkan 300 Formasi CPNS
Cegah ISPA, Bupati Bagikan Ribuan Masker
Pembangunan Infrastuktur Belum Maksimal

TURUN LAPANGAN : Anggota DPRD Pulpis, Tendean Indra Bella saat mengikuti penggalian situs bersejarah Kapal Banama di Kelurahan Kelawa.

PULANG PISAU – Upaya pengembangan situs bersejarah Kapal Banama yang berada di wilayah Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau terus dilakukan pendalaman oleh pihak terkait tentang sejarah keberadaan kapal tersebut.

Jumat (2/8) pagi, rombongan Lurah Kelawa, anggota DPRD Pulpis, Disbudpar, damang mantir, tokoh adat, mahasiswa KKN dari UPR bersama-sama turun ke lokasi keberadaan situs yang hingga kini masih menjadi legenda dan cerita turun-temurun masyarakat.

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Tandean Indra Bella yang turut serta dalam rombongan turun ke lokasi, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menindaklanjuti temuan yang diduga bangkai Kapal Banama di Kelurahan Kalawa agar segera dilakukan penggalian data sejarahnya lebih mendalam.

“Kalau situs tersebut dapat dikaji lebih dalam oleh pihak-pihak berkompeten di bidangnya, maka akan berpotensi menjadi destinasi wisata yang ramai kunjungi masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, penemuan situs-situs maupun peninggalan yang bersejarah di Kabupaten Pulang Pisau ini, diharapkan dapat didimulai pendalaman untuk menggali sejarah dan dilengkapi satunya. Dengan begitu, mampu menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi situs-situs bersejarah itu.

Legislator Partai Golkar ini menambahkan, apabila dilakukan tahapan demi tahapan penggalian data dan sejarah, diharapkan situs ini nantinya bisa dijadikan obyek wisata, sehingga mengundang minat wisatawan untuk berkunjung di Bumi Handep Hapakat yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan mendatangkan PAD.

Guna percepatan pembangunan pariwisata daerah, pihaknya selaku DPRD akan mendorong dengan melakukan penganggaran agar situs tersebut bisa lebih maksimal dikemudian hari.

“Intinya, kami akan mendukung dan akan mendorong pengembangan situs sejarah ini, karena jika dikelola dengan baik dampaknya selain meningkatkan ekonomi masyarakat juga menambah PAD,” tandasnya. (hrs)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!