Sekda Gumas Beberkan Pentingnya Kelola Perpustakaan

Sekda Gunung Mas, Yansiterson menjelaskan pentingnya perpustakaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. "Perpustakaan desa/kelurahan memi

Jelang Pelantikan, Penempatan ASN Harus Sesuai Latar Belakang Pendidikan
Ajak Masyarakat Ikut Melestarikan Budaya Lokal
Fokus Kuatkan Program Ekonomi Berbasis Kerakyatan

FOTO : Sekda Gunung Mas, Yansiterson ketika foto bersama peserta pelatihan pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan dan sekolah se Kabupaten Gunung Mas tahun 2019 di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Kamis (25/7/2019).

Sekda Gunung Mas, Yansiterson menjelaskan pentingnya perpustakaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Perpustakaan desa/kelurahan memiliki posisi yang strategis dalam pengembangan masyarakat desa yang cerdas dan berwawasan luas. Begitu juga dengan perpustakaan sekolah,” bebernya sebelum buka pelatihan pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan dan sekolah se Kabupaten Gunung Mas tahun 2019 di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Kamis (25/7/2019).

Yansiterson mengimbau, agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunung Mas segera mencari formulasi terbaik untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya generasi muda.

“Percuma minat baca tinggi namun ketersediaan buku-buku tidak lengkap dan berkualitas. Begitu juga sebaliknya, percuma punya koleksi bahan bacaan lengkap namun minat baca masyarakat rendah. Sebab itu, maka kedua poin ini harus seiring sejalan,” tegasnya.

Menurutnya, fungsi penggelola perpustakaan desa/kelurahan dan sekolah penting dalam menumbuh kembangkan budaya gemar membaca. Sebab itu, perlu para pengelola perpustakaan dibekaIi pengetahuan dan keterampilan kelolaan perpustakaan yang baik dan benar.

“Era informasi yang kita hadapi saat ini menuntut masyarakat senantiasa tanggap terhadap perkembangan dan perubahan informasi kehidupan. Dunia global pun menuntut kesadaran diri masyarakat agar senantiasa meningkatkan kemampuan, keterampilan, ketangkasan dan wawasan,” pungkasnya. (agg)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!