Tampilan Sanggar Sumbu Kurung Memukau

faktakalimantan.co.id - PULANG PISAU - Sanggar Tari Sumbu Kurung Pulang Pisau berhasil memukau penonton dan tiga dewan juri fertunra 2019 yang dig

Gerakan Pramuka Siap Bantu Pemadaman Karhutla
Pembangunan Pariwisata Harus Dijalankan dengan Baik
Orang Tua Perlu Awasi Pergaulan Anak

PENAMPILAN : Sanggar Tari Sumbu Kurung Kabupaten Pulang Pisau saat tampil diacara Palangka Raya.

faktakalimantan.co.id – PULANG PISAU – Sanggar Tari Sumbu Kurung Pulang Pisau berhasil memukau penonton dan tiga dewan juri fertunra 2019 yang digelar di Palangka Raya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Moh Insyafi yang turut hadir menyaksikan pertunjukan tersebut, mengatakan Dinas Kominfo Kabupaten Pulang Pisau sebagai fasilitator Sanggar Sumbu Kurung menampilkan drama yang berjudul Bangang Oloh Lewu (Bangang Olew), bijak bermedia sosial yang diperankan pemain drama sebanyak 12 orang termasuk pemain musik tradisional di bawah bimbingan Restono.

“Alhamdulillah, walaupun kita tampil sebagai peserta terakhir kita bisa sukses tanpa kendala saat tampil pada acara tersebut. Dan lebihnya kita dapat memukau para penonton, peserta dan tiga dewan juri,” kata Moh Insyafi, Selasa (23/7/2019).

Dia mengatakan, dalam pertunjukan tersebut, Sanggar Sumbu Kurung mengemas pesan moral di dalam kesenian tari khas Dayak untuk bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi di zaman sekarang, terlebih menggunakan media sosial.

“Tentunya lebih menarik menyampaikan pesan moral melalui seni budaya. Karena di era sekarang, saring dulu sebelum sharing. Kalau dulu mulutmu harimau mu, sekarang bisa jadi jarimu harimaumu,” katanya.

Dia juga menjelaskan, peserta yang mengikuti Fertunra 2019 se-Kalteng diantaranya terdiri dari tiga peserta sanggar dari Kota Palangka Raya, satu peserta sanggar dari Kabupaten Kotawaringin Timur dan satu dari Kabupaten Pulang Pisau.

Adapun peserta yang mengikuti, yaitu Sanggar Darung Tingang, Sanggar Tunjung Nyahu dan Sanggar Guru-Guru Kalteng Harati untuk perwakilan Kota Palangka Raya, Sanggar Tampung Karuhei untuk perwakilan Kabupaten Kotawaringin Timur dan Sanggar Sumbu Kurung dari Kabupaten Pulang Pisau.

“Harapan kita, apa yang ditampilkan ini dapat menjadi yang terbaik dan bisa menjadi juara, sehingga Sanggar Sumbu Kurung Kabupaten Pulang Pisau untuk dapat mewakili Fertunra ditingkat Nasional. Yaitu mewakili peserta Provinsi Kalimantan Tengah untuk tampil ditingkat Nasional yang rencanannya akan diselenggarakan bulan September di Provinsi Bangka Belitung,” tandasnya. (hrs/an)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!