66 Calon Paskibraka Ikut Pendidikan dan Pelatihan

faktakalimantan.co.id - KASONGAN - Sebanyak 66 siswa siswi dari 13 kecamatan se-Kabupaten Katingan, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pa

Perhatikan Kekurangan Obat-obatan di Wilayah Hulu
Gunakan Hak Suara, Jangan sampai Terpengaruh Janji-Janji
Bencana Banjir Dijadikan Bak Wahana Bermain Air

SIMBOLIS : Sekda Drs Nikodemus MM saat memasang tanda peserta Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka, di Gedung Salawah Kasongan, Jumat (9/8/2019).

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Sebanyak 66 siswa siswi dari 13 kecamatan se-Kabupaten Katingan, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paskibraka. Mereka nantinya, akan bertugas mengibarkan sang saka merah putih saat Upacara Peringatan Keberdekaan RI ke-74, pada 17 Agustus 2019. Upacara pembukaan Diklat ini, dipimpin oleh Sekda Drs Nikodemus MM, di Gedung Salawah Kasongan, Jumat (9/8/2019.

Bupati Katingan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda mengatakan, jika pelaksanaan Diklat ini merupakan kewajiab pemerintah daerah dalam upaya memupuk nilai cinta tanah air, semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme kepada generasi muda.

“Kegiatan ini, untuk mendalamkan arti dan makna Bendera Merah Putih sebagai lambang kedaulatan Bangsa Indonesia di tengah negara-negara lain di dunia,” ujarnya.

Menurut Nikodemus, ada dua tujuan Diklat Paskibraka yakni melatih kesigapan dan keterampilan calon peserta dalam hal formasi baris berbaris, melipat bendera dan membentangkan, serta mampu menaikan dan menurunkannya secara rapi ritmis.

“Tujuan kedua, agar para peserta dapat bertambah pengetahuan dan memilikiwawasan kebangsaan yang komprehensif integral. Artinya, setelah mengikuti diklat diharapkan selalu mengutamakan berfikir rasional, konstrutif dan berpadangan luas,” katanya.

Bagi calon Peserta Paskibraka, ucap Sekda, ini bukan hal yang gampang. Mereka telah mengikuti berbagai persiapan mulai seleksi di kecamatan, penetapan peserta hingga persiapan penyelenggaraan diklat.

“Prestasi ini patut disyukuri, mengingat banyak hal-hal positif yang bisa diperoleh melalui pelatihan ini. Kedisiplinan para peserta, juga akan memperoleh pengalaman untuk bekerja teamwork dan berkoordinasi dengan Paskibrakan lainnya,” imbuhnya.

Dalam pelatihan ini, para calon Peserta Paskibraka akan diberi berbagai latihan. Mulai dari pembinaan mental, materi pembinaan fisik dan baris-berbaris. Tenrunya dalam hal ini, diperlukan semangat dan niat untuk mengikutinya.

“Untuk itu saya harapkan, supaya kalian melaksanakan tugas-tugas dan kewajiban tersebut sebagai Pejuang dan Anggota Purna Bakti Paskibrana Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksanaan Diklat Paskibraka, Hamlin melaporkan, bahwa peserta tingkat Kabupaten Katingan ini adalah hasil seleksi tiap-tiap Kecamatan. Semuanya, ada 66 Calon peserta Paskibraka.

“Mereka merupakan hasil seleksi dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan. Semua dikarantina di Hotel Katingan sejak tanggal 9 – 18 Agustus 2019,” jelasnya.

Dari total 66 orang ini, ada empat peserta yang lulus menjadi calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Mereka adalah Jhonaldi Surya Ardinata dari SMAN 1 Katingan Hilir. Kedua, Joseva Eka Putra dari SMAN 1 Tewang Sangalang Garing. Kemudian, Reka Ariyanti dari SMAN 1 Tasik Payawan dan Kalensa Dianritura dari SMAN Garing Tarantang. (tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!