Genjot Pembangunan Sektor Pertanian di Wilayah Selatan

faktakalimantan.co.id - KASONGAN - Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendorong Pemerintah Daerah melalui d

Masyarakat Usulkan Pembuatan Jalan Baru
Optimalisasikan SDM Berbasis Pertanian Berkelanjutan
Ikatan Bidan di Katingan Tegas Tolak Perbup No. 40 Tahun 2020

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN : Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Dube (kedua dari kiri) mendorong Pemerintah Daerah melalui dinas terkait menggenjot sektor pertanian di wilayah utara.

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendorong Pemerintah Daerah melalui dinas terkait, untuk menggenjot sektor pertanian di wilayah Selatan. Salah satunya di Kecamatan Katingan Kuala, karena selama ini merupakan lumbung padi Kabupaten Katingan dan banyak masyarakatnya berpofesi sebagai petani.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Dube, ada sejumlah aspirasi yang diutarakan oleh para petani di daerah muara Sungai Katingan tersebut.

“Petani di Katingan Kuala berharap adanya perhatian dari dinas terkait untuk menggenjot pembangunan sektor pertanian agar hasil panen padi semakin meningkat,” tuturnya.

Salah satunya, ucap Politisi Partai Demokrat ini, masyarakat mengusulkan pengadaan sejumlah alat mesin perontok padi.

“Dengan adanya peralatan yang memadai, makan akan dapat mempermudah dan mempercepat proses panen padi. Selain itu, juga dapat menghemat waktu dan tenaga,” katanya.

Selain itu, warga juga mengusulkan adanya bantuan pupuk untuk tanaman karet seberat 20 ton untuk enam kelompok tani (Poktan) di Katingan Kuala.

“Pupuk juga merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil panen. Dengan adanya ketersediaan pupuk, maka para petani tidak perlu lagi khawatir kehabisa stok. Selain itu, tanaman mereka dapat berkembang dan haslnya melimpah,” imbuh Dube.

Masyarakat Katingan Kuala, juga mengusulkan pengadaan bantuan berupa mesin pengolah getah dan mesin pencacah karet atau Trajang. Dube yakni, jika usulan ini bisa direalisasikan pemerintah daerah maka akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hendaknya, usulan-usulan tersbeut nantinya bisa diakomodir guna mewujudkan masyarakat Katingan yang sejahtera,” imbuh anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Katingan II ini. (tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!