Tanamkan Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Seiring perkembangan zaman, kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir

Kabagops Polres Katingan : Jika Tidak Kenakan Masker Bakal Didenda
Hindari Kegagalan, Program Prioritas Musti Dilaksanakan Lebih Awal
Endang Susilawatie Nilai Media Berperan Majukan Daerah

SERAHKAN HADIAH : Plt Asisten I Setda Kabupaten Katingan, Supardi Edal memberikan ucapan selamat bagi para pemenang lomba bercerita, Selasa (11/6/2019).

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Seiring perkembangan zaman, kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap konteks kehidupan masyarakat. Upaya membudayakan gemar membaca dapat dilakukan melalui tiga jalur, yakni keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Katingan Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Asisten I Setda, Supardi Edal saat membuka lomba bercerita tingkat SD/MI, lomba bercerita untuk guru SD dan Guru TK di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan Tahun 2019, Selasa (11/6/2019). Kegiatan tersebut, dilaksanakan dilaksanakn di halaman Kantor Dinas Penididikan Katngan.

Diungkapkan Supardi, pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin. Selain itu, dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif.

“Dukungan dalam membangun kegemaran membaca, diperlukan kolaborasi antar keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat dan pemerintah,” ucapnya.

Atas nama Pemkab Katingan, dia menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas pelaksanaan lomba tersebut. Pasalnya kegiatan ini punya nilia penting, dalam upaya menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak dan masyarakat serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa memalui berbagai bacaan atau buku.

“Selain itu, untuk mencari bibit-bibit generasi muda di Kabupaten Katingan yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca,” kata Plt Asisten I.

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada pihak Perpustakaan dan Arsip Daerah Setda Katingan yang telah melakukan tugas di bidangnya. Salah satunya, dengan mengelar lomba ini.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para peserta dapat memanfaatkannya untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah atau lokal yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa,” imbuhnya.

Bagi seluruh peserta, Supardi mengucapkan selamat datang dan bertandinglah secara fair play. Dia juga berpesan, agar raihlah prestasi dan kemenangan agar bisa menjadi kebanggaan.

“Namun itu bukanlah segalanya, karena pada akhirnya kepercayaan diri lah yang membuat anda menjadi lebih baik,” katanya. (sog)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!