Budaya Lokal Mesti Dikelok Sejak Dini

  faktakalimantan.co.id - SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sarjono, meminta pemerintah setempat untuk  menggenca

Penumpang Pesawat Bakal Jalani Rapid Test
Kotim Musim Hujan, Legislator Peringatkan Masyarakat Akan DBD
Terkait Abrasi Ujung Pandaran, Ini Harapan Sekda Kotim

 

RAPAT : Jajaran anggota DPRD Kotim saat rapat dengan instansi terkait.

faktakalimantan.co.id – SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sarjono, meminta pemerintah setempat untuk  menggencarkan sosialisasi untuk memberdayakan kearfian lokal.

“Kami berharap upaya pelestarian budaya dilakukan secara terprogram. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh sekolah mewajibkan  kegiatan pemberdayaan seni daerah itu dalam  pendidikan,” ujar Sarjono, Jumat (17/5/2019).

Lanjut Sarjono, upaya pelestarian budaya dengan mengajarkan kepada siswa sejak dini dinilai akan efektif. Mengingat, para siswa inilah generasi penerus yang jadi penentu apakah bisa mempertahankan kebudayaan lokal atau malah melupakannya.

Sarjono menambahkan, pemerintah daerah harus bergandengan tangan dengan masyarakat, khususnya pelaku seni dan budaya untuk melestarikan kebudayaan lokal di Kotim. Kebersamaan ini diharapkan mampu mengembalikan kebudayaan sebagai kebanggaan bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kita tidak mau kebudayaan daerah ini hilang bergitu nilai luhur yang begitu besar mesti kita peratahkan bersama, namun  tanpa ada andil pemerintah maka cita-cita untuk menpertahankannya ini sangat sulit,” jelasnya.

Menurutnya, kebudayaan sangat menggambarkan identitas masyarakat Kotim. Untuk itu masyarakat harus berperan melestarikan kebudayaan daerah ini yang mulai terkikis oleh masuknya kebudayaan dari luar.

“Kebijakan seperti mewajibkan pegawai negeri mengenakan pakaian adat pada hari-hari tertentu, dinilai sebagai langkah positif,” pungkasnya. (sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!