Kembangan Kualitas dan Aksesbilitas Infrastruktur

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Fokus atau tema pembangunan Kabupaten Katingan Tahun 2020, sesuai rancangan akhir RPJMD adalah pengembangan kua

Vaksinisasi Tahap Pertama Dengan Estimasi Bulan Januari – April
Bupati Sepakati Persetujuan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020
Sakit Hati Gaji Dipotong, Kepala Cabang Koperasi Gasak Uang Sebanyak 1.2 Milyard

FOTO : Sekda Drs Nikodemus MM saat menghadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Katingan Hilir di Balai Pertemuan Bappelitbang Katingan, Selasa (12/2/2019).

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Fokus atau tema pembangunan Kabupaten Katingan Tahun 2020, sesuai rancangan akhir RPJMD adalah pengembangan kualitas dan aksesbilitas infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, nilai tambah produk pertanian, mendorong investasi dan pengembangan pedesaan. Pada tahapan ini, pembangunan diarahkan pada peningkatan aksesbilitas dan koenektivitas daerah pada pusat-pusat ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan Bupati Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Drs Nikodemus MM, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Katingan Hilir di Balai Pertemuan Bappelitbang Katingan, Selasa (12/2/2019).

“Diharapkan, hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan memacu aktivitas ekonomi di desa melalui nilai tambah produk-produk yang dihasilkan, baik pertanian maupun lainnya,” terangnya.

Dia berharap, agar usulan program maupun kegiatan yang dihasilkan dalam Musrenbang tingkat kecamatan tersebut benar-benar merupakan hal priorotas. Program dan kegiatan yang bisa dilaksanakan melalui Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), harus pula dicermati. Pasalnya, jumlah yang dialokasikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah cukup besar.

“Terkecuali dalam pelaksanaannya dinilai cukup kompleks dan memerlukan sumber daya atau teknologi yang tidak bisa dilakukan oleh desa,” kata Nikodemus.

Selain itu, lanjut Sekda, perlu dicermati pula program atau kegiatan demi kepentingan lintas desa, mendukung pemenuhan hak dasar masyarakat dan nilai tambah pendapatan atau meningkatkan ekonomi masyarakat lintas desa.

“Dalam Musrenbang ini, hadir pula anggota DPRD Katingan dan perangkat daerah. Kehadiran kita semua, diharapkan dapat membantu memberi masukan dan informasi sekaligus menyerap serta mencatat seluruh kesepakatan,” ujarnya.

Nikodemus juga berharap, agar pikak dewan nantinya mengawal itu dalam proses di forum lintas perangkat daerah, Musrenbang Tingkat Kabupaten  Katingan serta ketika pembahasan RAPBD.

“Sehingga diharapkan, tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan ini dapat terwujud dengan baik dan bermakna bagi kita semua,” . Selain itu, mampu menghasilkan usulan program dan kegiatan prioritas yang bisa memecah persoalan di masyarakat,” imbuhnya. (sog)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!