Bupati Launching Kartu Identitas Anak

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Bupati Sakariyas SE melaunching Kartu Identitas Anak (KIA) Kabupaten Katingan tahun 2019 di Aula Dinas Kependud

Doakan CJH Katingan Menjadi Haji Mambrur
Kutuk Keras Perlakuan Kekerasan Terhadap Perempuan
Lulus Seleksi CPNS, Peserta Diminta Segera Melapor

LAUNCHING : Bupati Sakariyas SE menyerahkan KIA pada salah satu anak saat acara launching di Aula Disdukcapil Katingan, Senin (4/2/2019).

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Bupati Sakariyas SE melaunching Kartu Identitas Anak (KIA) Kabupaten Katingan tahun 2019 di Aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Senin (4/2/2019).

Kartu ini diperuntukan bagi seluruh penduduk yang beusia kurang 1 hari, 17 tahun dan belum kawin serta tercatat dan terdaftar sebagai penduduk Kabupaten Katingan.

Dalam sambutannya, Bupati menuturkan dengan diterbitkannya KIA ini merupakan salah satu kewajiban pemerintah untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh warga negara indonesia.

“Ini sebagai upaya untuk melindungi dan memenuhi hak konstitusional warga negara, salah satunya di Kabupaten Katingan,” ujarnya.

Dia berharap, KIA tersebut nantinya dapat dimanfaatkan secara maksimal baik oleh pemerintah, swasta dan masyarakat khususnya.

“Setelah dibuka KIA di kabupaten katingan, diharapkan pihak terkait secara bersama-sama aktif dalam mensukseskan program KIA untuk Katingan Bermartabat,” harap Sakariyas.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Katingan Bambang Harianto SIP menyampaikan, bahwa penerbitan KIA ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

“Administrasi kependudukan merupakan rangkaian penataan dan penertiban dokumen,” jelasnya.

Diungkapkannya, data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi administrasi serta pendayagunaan kartu KIA merupakan identitas resmi anak.

“Ini sebagai bukti diri anak yang berusia kurang 1 hari dari 17 tahun dan belum pernah menikah,” sebutnya.

Saat acara Launching KIA di Aula Disdukcapil Katingan ini, juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Katingan Ny Daurwaty Sakariyas, Kepala Bank Kalteng cabang Kasongan, Rumbun, beberapa Kepala SOPD, sejumlah murid SD dan pelajar SMP, tamu undangan dan masyarakat umum. (sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!