Usulkan Pembangunan Infrastruktur, Pendidikan, Pertanian dan peternakan

faktakalimantan.co.id - KASONGAN – Berbagai informasi dan aspirasi, disampaikan masyarakat Kecamatan Tewang Sangalang Garing pada para wakil rakya

Segera Benahi Trotoar di Area Sport Center Kasongan
Bupati Sambut Baik Kedatangan Relawan ARC Dari RS Advent Bandung
Masyarakat Katingan Diminta Cerdas Bermedia Sosial

RAPAT DEWAN : Anggota DPRD Katingan, Ramba (kanan) saat mengikuti rapat paripurna, beberapa waktu lalu.

faktakalimantan.co.id – KASONGAN – Berbagai informasi dan aspirasi, disampaikan masyarakat Kecamatan Tewang Sangalang Garing pada para wakil rakyat yang melakukan reses ke daerah pemilihan (Dapil) II. Usulan tersebut berkaitan dengan pembangunan bidang infrastruktur, pendidikan, pertanian hingga peternakan.

Mewakili rekan-rekannya, salah satu Anggota DPRD Katingan dari dapil II, Ramba menyampaikan bahwa masyaraat di Kelurahan Pendaharan yang merupakan ibukota kecamatan mengusulkan pembuatan jalan usaha tani, pengadaan bibit ternak babi serta bibit sapi untuk kelompok Tani di Desa Danum Matei.

“Kemudian, usulan perbaikan Jalan Pendahara-Tarusan Danum sepanjang tiga kolometer. Hal lain yang perhatian pemerintah daerah, mengenai insentif Damang yang hanya Rp500 ribu per bulan. Padahal, tanggung jawab dama sangat luar biasa di kecamatan tersebut,” ujarnya dalam rapat paripurna, Kamis (24/1/2019).

Sementara di Desa Tumbang Tarusan, ada permintaan penambahan Guru Agama Islam di SDN 1, pembuatan pagar TK Tunas Harapan 7 serta alat permainan luar dan penambahan insentif guru. Kemudian, permintaan pengadaan bibit ternak sapi bali.

“Diusulkan, agar ada penambahan insentif untuk BPD, Linmas, PKK, RT, RW dan semua perangkat desa. Khusus untuk PKK, diharapkan bisa dimasukan dalam Peraturan Bupati,” tutur Ramba.

Terkait bidang infrastruktur, usulan penimbunan jalan Tumbang Tarusan sampai Tumbang Bajang menuju Sungai Kalanaman sepanjang 7-8 kilometer. Selanjutnya, penimbunan jalan menuju SD Tewang Rangkang sekitar 315 meter dan pemuatan siring dan gorong-gorong. Pembuatan pagar rumah ibadah Agama Kristen, Islam dan Hindu Kaharingan. Kemudian, pemasangan lampu penerangan jalan sebanyak 20 buah dan marka jalan 2,5 kilometer.

Diungkapkan Ramba, diusulkan pula agar Dana Perimbangan sebesar 10 persen dialokasikan untuk desa dan Peraturan Bupati mengenai Alokasi Dana Desa (ADD) bisa dipercepat. “Masyarakat meminta, agar tanah di seberang sungai agar dapat dibagikan untuk masyakat Desa Tumbang Tarusan sebagai aset desa,” katanya. (sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!