Seleksi Lelang Terbuka Semakin Ketat, 15 Peserta Ikuti Tahap Asesmen

FAKTAKALIIMANTAN.CO.ID,SAMPIT - Sedikitnya 15 peserta seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi pertama untuk 6 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

Politikus Ini Dukung Pemda Kembangkan Sektor Pertanian
Ketua DPRD Kotim Minta KLHK Cabut Izin PT Yang Terbukti Bakar Lahan
Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Kepala BKD Kotim, Alang Arianto 

FAKTAKALIIMANTAN.CO.ID,SAMPIT – Sedikitnya 15 peserta seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi pertama untuk 6 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kotawaringin Timur memasuki tahapan asesmen yang dilaksanakan di Aula Kantor BKD Kotim, Selasa (5/6) tadi pagi.

Pantauan dilapangan dalam tahapan asesmen tersebut, peserta mengerjakan soal-soal Psikologi, Focus Group Discussion (FGD) dan Tes wawancara guna kepentingan pembahasan serta meneliti potensi para peserta kedepannya.

“Tahapan ini gunanya untuk menilai dan mencocokkan apakah peserta pantas dalam mencalonkan posisi jabatan yang mereka pilih, jadi dalam hal ini FGD nanti akan dibagi kelompok yang diisi oleh tiga orang disitu akan terlihat manajerialnya,”kata Kepala BKD Kotim, Alang Arianto tadi siang.

Menurut Alang,  tes soal Psikologi juga berpengaruh besar bagi para calon pejabat, agar terlihat begaimana sifat atau sosok kepemimpinan dan kekompakkannya melaksanakan tugas nantinya.

“Lelang jabatan terbuka kita mengandeng Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) sebagai penyelenggara asesmen ini,”lanjutnya.

Selain UMP sebagai penyelenggara, BKD juga memboyong dua asesor dari Jogyakarta. Asesor ini nantinya yang berhak melakukan asesmen atau pengujian terhadap kompetensi seseorang berkaitan dengan kepemimpinan.

Sementara itu, adapun jabatan yang dilelang tersebut antara lain Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kotim, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kotim, Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kotim, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kotim, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Aset Desa Kotim, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotim.

“Kita bisa melihat mana sosok pemimpin yang tidak hanya membaur, cerdas ataupun cermat, melainkan yang benar-benar bisa mengemban tugasnya dengan baik dan bijaksana,” Tutupnya.(So)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!