Karnaval dan Festival Budaya Mihing Manasa Resmi Dibuka Bupati Arton S Dohong

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN– Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong membuka secara resmi Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) dalam rangka memeriahka

Perlu Langkah Kongkrit Pencegahan Pirus HIV-AIDS
Pihak Kecamatan Dilatih Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19
DPU Gumas Evaluasi Kinerja Kontraktor di Ruas Miri – Napoi

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN– Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong membuka secara resmi Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) dalam rangka memeriahkan HUT ke 16 Kabupaten Gunung Mas yang diawali dengan pelaksanaan kegiatan Karnaval dan Pawai Budaya yang dilaksanakan mulai sore ini, Senin, (04/06/2018).

Event budaya ini setiap tahun di laksanakan karena kegiatan ini adalah perjuangan dan pelestarian nilai-nilai seni budaya dan olahraga tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan ini sekaligus juga sebagai upaya pemerintah bersama seluruh masyarakat se Kabupaten Gunung Mas dalam rangka penguatan nilai seni budaya yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat Dayak secara khusus Pemerintah Kabupaten Gunung Mas akan terus berupaya untuk memelihara melestarikan dan mengembangkan seni budaya, ungkap Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong.

Bupati juga mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Gunung Mas untuk terus menjaga dan memelihara adat istiadat dan tradisi, budaya kearifan lokal kawasan situs dan cagar budaya serta peninggalan masa lalu di Kabupaten Gunung Mas .

Sehubungan dengan kegiatan ini festival kebudayaan masa ini seluruh peserta agar berlomba dengan seluruh penuh semangat menjunjung tinggi sportifitas dan mampu memberikan yang terbaik bagi bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai serta Kabupaten tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

“Semua itu akan sia-sia apabila seluruh Kontingen tidak mampu menjaga kekompakan rasa kebersamaan dan saling toleransi antara satu dengan yang lain karena itu merupakan budaya,” ujarnya.

Arton juga berpesan dan mengharapkan agar kegiatan ini tidak hanya mementingkan hal-hal bersifat lomba dan juara, tetapi juga lebih penting adalah bagaimana Kontingen mampu membuat bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai budaya kita sendiri.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas, Adi mengatakan Kabupaten Gunung Mas menyelenggarakan Festival Budaya Mihing 2018 di Kuala Kurun melombakan 16 cabang olahraga termasuk seni budaya.

“Saya mengucapkan selamat berlomba dan ber-festival, doa kita semua menjaga semoga apa yang kita harapkan dan cita-citakan dapat berhasil dengan baik demi mengharumkan nama Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai bersama,” pesannya. (Hri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!