Hindari Pencemaran, Kandungan Air Sungai Perlu Diteliti

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,PALANGKA RAYA- Beberapa waktu lalu Dinas Perikanan Kota Palangka Raya telah melakukan penelitian akan kandungan air sungai kahay

Terkait Kebijakan WFH, Ini Ujar Sekda Kota Palangka Raya
Dewan Serap Aspirasi Warga Petuk Ketimpun
Sejumlah Sekolah Terima KIA dari Disdukcapil Palangka Raya

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,PALANGKA RAYA- Beberapa waktu lalu Dinas Perikanan Kota Palangka Raya telah melakukan penelitian akan kandungan air sungai kahayan, dari hasil tersebut ternyata kandungan kadar udaranya kecil lantaran banyaknya lumpur yang terkandung didalamnya.
Anggota komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugiannor, yang juga Ketua Tani Kalteng, mengatakan apabila kandungan tersebut benar maka akan mengancam petani ikan yang ada dibantaran sungai.
“Apabila hasil penelitian tersebut benar, dan penyebabnya adalah tambang maka hendaknya, pemerintah kota mencari solusi untuk menangani penambang pasir yang berada di hulu sehingga tidak merugikan petani,” bebernya saat dikonfirmasi, Kamis (19/4/2018).
Sebab, masyarakat Kota Palangka Raya sangat bergantung dengan hasil perikanan lokal, karena apabila bergantung dengan pasokan luar kota, dipastikan harganya akan melonjak.
“Kita tau, kualitas air adalah yang utama bagi petani ikan dalam meningkatkan hasil pertaniannya, apabila kualitas air terganggu maka akan berpengaruh terhadap produksi dan penghasilan yang diperolehnya,” tukasnya.
Dirinya juga tidak lupa, mengharapkan kepada instansi terkait untuk terus meningkatkan penyuluhan kepada para petani ikan, sehingga penglaman dan kemapuan yang dimiliki akan bertambah.
“Penyuluhan juga sangat perlu dilakukan secara berkala, karena hal itu untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengembangkan dan membudidayakan ikan,” pungkasnya.VD

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!