Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan lomba Bercerita Dengan Tema Menumbuhkan K

Manfaatkan Lahan Dengan Menanam Jagung Hibrida
Berkat Razia Lalu Lintas, Kesadaran Uji KIR di Gumas Meningkat
POLSEK TEWAH BANGUN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PROKES

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan lomba Bercerita Dengan Tema Menumbuhkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan.

Lombs ini diselenggarakan di gedung Tampung Penyang Kabupaten Gunung Mas, Kamis, (19/04/2018).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas melalui  Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan dan Layanan, Susiana Nyai menyatakan terkit dengan kegiatan ini, bagi siswa SD/MI di tahun 2018 memang sudah dimasukan di dalam DPA Kabupaten karena di tingkat Provinsi tiap tahun juga  di laksanakan perlombaan bercerita artinya siapa yang memperoleh juara di tingkat Kabupaten ini akan mengikuti ke tingkat Provinsi bahkan ke tingkat Nasional.

Mekanisme Penyelenggaraan kegiatan; Pembukaannya dimulai dengan Lomba bercerita bagi Siswa SD/ MI, dengan harapan penampilan peserta dari masing-masing SD/MI nampak santai dan wajar-wajar sajaa , yang bersifat propesional dan dapat menghayati apa yang disampaikan , sehingga penikmati/pendengar dari apa yang di bacakan dapat memahaminya.

“Masing-masing SD/MI wajib membawakan 1 (satu) cerita yang sudah dipersiapkan oleh peserta atau pembina peserta dari Judul Cerita Rakyat Daerah yang ada di perpustakaan sekolah masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, dalam menyampaikan cerita diharapkan siswa dapat memperhatikan teknik dalam menyampaikan ceritanya (membaca) , volume suara, artikulasi, diksi, tempo dan kecepatan serta proyeksi, dan penguasaan panggung.

Teknik Penilaian yang dilakukan adalah setiap nomor undian akan menentukan judul cerita yang akan dibawakan, sekaligus menentukan urutan penampilan, sebelum bercerita peserta diwajibkan memberikan hormat kepada hadirin dan menyebutkan judul cerita, waktu bercerita (durasi) diatas pentas setiap peserta maksimal 15 menit, dan peserta dipanggil berdasar kan ueutan nomor peserta .

Pemenang akan dikirimkan ketingkat Provinsi untuk melanjudkan perlombaan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan ketentuan pengiriman peserta; panitia hanya mengirimkan 1 (satu) peserta tingkat Kabupaten. Biaya transport 1 (satu) orang peserta, pendamping dari Kabupaten menjadi tanggung jawab Panitia Kabupaten.

Nantinya pemenang tingkat Kabupaten akan diberikan Tropy Piagam Penghargaan Hadiah berupa Uang Pembinaan; Juara I Rp.2.500.0000; Juara II Rp. 2.000.000; Dan Juara III Rp.1.500.000;, terangnya. (Hri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!